Analisis Sistem Prudential banking (Kehati-hatian) Pada Dana Pihak Ketiga di Bank BNI Kantor Cabang Jember.

Anjarsari, Ommega (2018) Analisis Sistem Prudential banking (Kehati-hatian) Pada Dana Pihak Ketiga di Bank BNI Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ommega Anjarsari_083143091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kehati-hatian merupaka asas dalam menjalankan kegiatan usaha perbankan guna memperkecil risiko yang dihadapi karena dalam kegiatan perbankan akan menghadapi risiko sehingga asas kehati-hatian ini diterapkan guna menjaga kesehatan bank agar risiko yang timbul tidak akan berdampak besar. Dalam menjaga dana pihak ketiga yang telah disalurkan dalam bentuk kredit di Bank BNI Kantor Cabang Jember memiliki SOP yang bagus dalam menganalisis usulan-ususlan kredit dengan penerapan 5C,7P dan 3R. Analisis tersebut digunakan guna memperkecil risiko kredit bermasalah yang terjadi. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah; a. Bagaimana sistem Prudential Banking (Kehati-hatian) pada Dana Pihak Ketiga di Bank BNI Kantor Cabang Jember? b. Apa kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan oleh Bank BNI KC Jember dalam sistem Prudential Banking (kehati-hatian) dana pihk ketiga? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: a. Untuk mengetahui sistem Prudential Banking (Kehati-hatian) dana pihak ketiga di Bank BNI KC Jember. b. Untuk mengetahui kendala dan solusi yang dilakukan oleh Bank BNI KC Jember dalam sistem Prudential Banking (Kehati-hatian) dana pihak ketiga. Adapun metodologi dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari informan yang dilakukan dengan wawancara. Data sekunder adalah data yang diperoleh melalui buku, jurnal serta web yang telah dijadikan literatur dalam skripsi ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip kehati-hatian yang diterapkan di Bank BNI Cabang Jember untuk menjaga dana pihak ketiga dimulai dari pengajuan kredit hingga monitoring pembayaran. Pengajuan yang diusulkan oleh debitur dianalisis terlebih dahulu menyangkut karakter, jaminan, bagi PNS menyerahkan slip gaji dan usaha yang dijalankan oleh debitur yang kemudian akan disurvei untuk pencairan dananya. Untuk monitoring pembayaran kredit setiap hari di cek siapa yang belum membayar dan mengalami tunggakan. Tahapan yang digunakan dalam penagihan yaitu, melalui telepon, monitoring, surat peringatan 1, surat peringatan 2, dan surat peringatan 3, surat pernyataan lelang, dan yang terakhir lelang barang jaminanya. Kata kunci : Prudential Banking (Prisnsip Kehati-hatian) Pada Dana Pihak Ketiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:47
Last Modified: 28 Feb 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item View Item