Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada PT Pegadaian (persero)cabang Jember.

Masudah, Siti (2018) Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada PT Pegadaian (persero)cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Masudah_083143295.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan kegiatan operasional PT. Pegadaian tidak terlepas dari transaksi kas, dimana perusahaan akan menerima berbagai pembayaran dari pihak konsumen yang membeli produk perusahaan serta mengeluarkan kas untuk membayar segala beban yang dipergunakan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan. Dari uraian di atas terdapat 2 fokus penelitian yaitu: (1) Bagaimana sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. Pegadaian (persero) Cabang Jember? (2) Bagaimana efektifitas pengendalian intern penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. Pegadaian (persero) Cabang Jember? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. Pegadaian (persero) Cabang Jember (2)Untuk mengetahui efektifitas pengendalian intern penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. Pegadaian (persero) Jember. Metode penelitian ini mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan sumber data pada orang yang wawancarai di lakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan obserfasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yaitu menganalisa hasil data yang terkumpul. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, (1)Sistem penerimaan kas di PT. Pegadaian (persero) cabang Jember di peroleh dari dua sumber yaitu dari kantor wilayah dan dari angsuran pelunasan nasabah. yang mana kantor wilayah menyalurkan dana kepada kantor cabang sebagai modal awal sebelum melakukan transaksi. Sedangkan pengeluaran kas di PT Pegadaian (Persero) Cabang Jember itu melalui pormohonan kredit nasabah, apabila nasabah datang untuk menggadaikan barang berharganya seperti emas atau surat berharga untuk dijadikan jaminannya atau produk kredit lain, maka dari situlah kas keluar kepada nasabah, selain itu kas juga keluar melalui perekanan seperti perbaikan sarana kerja pegadaia misal perbaiakan AC, Komputer, dan mobil. (2) Dalam meningkatkan efektifitas pengendalian intern PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember sudah berjalan dengan lancar karna karyawan Pegadaian sudah mematuhi semua peraturan Efektifitas pengendalian intern penerimaan dan pengeluaran kas yang sudah ditetapkan oleh kantor wilayah. Selain itu sudah ada tempat pemisahan tugas. Pengeluaran oprasionalnya sudah efektif, karna sejumlah uang yang dikeluarkan diterapkan sistem pengelompokan wewenang tentang besarnya dana yang dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:08
Last Modified: 01 Mar 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19346

Actions (login required)

View Item View Item