Analisis Personal Selling Dalam Penjualan Produk Pembiayaan Warung Mikro di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember

Hasanah, Uswatun (2018) Analisis Personal Selling Dalam Penjualan Produk Pembiayaan Warung Mikro di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Uswatun Hasanah_083 133 151.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara berkembang tentu masih bermasalah terhadap kemiskinan. Untuk mengantisipasi kemiskinan yang semakin banyak maka usaha warung mikro dapat dilakukan bagi semua orang yang membutuhkan. Untuk menjual produk pembiayaan warung mikro ini bank syariah mandiri menggunakan strategi personal selling. Dengan menerapkan strategi personal selling pada perusahaan memberikan pengaruh besar. Karena Personal selling merupakan komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap suatu produk sehingga mereka kemudian akan mencoba membelinya. Dalam hal tersebut personal selling merupakan jenis promosi paling klasik dan penting, cara ini memiliki keunikan karena dapat menciptakan komunikasi dua arah antara wiraniaga dengan calon pelanggan sehingga penjual dapat langsung memperoleh tanggapan sebagai umpan balik tentang keinginan dan kesukaan pembeli. Dari latar belakang tersebut dalam skripsi ini memfokuskan pada: 1). Bagaimana dalam menjual produk pembiayaan warung mikro dengan strategi personal selling di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember?, 2). Apa saja hambatan-hambatan dan solusi dalam menjual produk pembiayaan warung mikro dengan strategi personal selling di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui menjualan produk pembiayaan warung mikro dengan strategi personal selling di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember. Untuk mengetahui Hambatan dan solusi dalam menjual produk pembiayaan warung mikro dengan strategi personal selling di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dari analisis data tersebut dapt diambil kesimpulan bahwa: 1) Strategi personal selling Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember dalam menjual produk pembiayaan warung mikro dilakukan dengan AIDAS + 7 langkah-langkah yaitu: Planning, Prospecting, Pendekatan, presentasi, Menangani Keberatan, Menutup, dan Tindak Lanjut. 2) adapun hambatan yang sering dihadapi oleh marketing yaitu penolakan dari calon nasabah dan solusi yang dilakukan dengan pendekatan, bercerita, memberikan pengetahuan melalui komunikasi yang baik. Kata Kunci : Personal Selling, Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:09
Last Modified: 01 Mar 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19353

Actions (login required)

View Item View Item