Pengembangan Fungsi Pembiayaan Pegadaian Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang (KC) Syariah A.Yani Jember.

Firdausy, Yunda (2018) Pengembangan Fungsi Pembiayaan Pegadaian Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang (KC) Syariah A.Yani Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yunda Firdausy_083 143 195.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dengan dikembangkannya berbagai jenis produk pegadaian yang ditawarkan dan juga pemberian pelayanan yang lebih memuaskan kepada para pelanggan, maka pegadaian kantor cabang syariah A.Yani Jember memversifikasi produknya, terlihat dari bentuk produk yang bervariatif seperti Arrum, Mulia, Amanah, Rahn, dan MPO. Dengan adanya pengembangan produk tersebut tentunya akan meningkatkan loyalitas nasabah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pengembangan fungsi produk pembiayaan pegadaian di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang (KC) Syariah A.Yani Jember ? (2) Bagaimana peran pegadaian dalam pengembangan pembiayaan untuk meningkatkan loyalitas nasabah pada PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang (KC) Syariah A.Yani Jember ?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengembangan fungsi pembiayaan pegadaian di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang (KC) Syariah A.Yani Jember (2) Untuk mengetahui peran pegadaian dalam pengembangan pembiayaan untuk meningkatkan loyalitas nasabah pada PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang (KC) Syariah A.Yani Jember. Penelitian ini dilakukan di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang (KC) Syariah A.Yani Jember dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian menggunakan teknik snowball. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga cara yaitu : reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunkan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang (KC) Syariah A.Yani jember telah memversifikasi produknya terlihat dari bentuk produk yang bervariasi seperti Arrum, Mulia, Amanah, Rahn, Aneka jasa dan pegadaian juga telah mendiferensiasi produk-produk tersebut menjadi lebih banyak. (2) Pegadaian menggunakan marketing mix dan pemasaran internet untuk mempromosikan produk-produk yang ada di pegadaian, pegadaian mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih sehingga pegadaian menciptakan dua aplikasi yang mudah di download sehingga memudahkan para nasabahnya dalam bertansaksi. Kata Kunci : Pembiayaan, Loyalitas Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:09
Last Modified: 01 Mar 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19361

Actions (login required)

View Item View Item