Strategi Peningkatan Citra Bank Berbasis Syariah Di PT. BNI Syariah Kantor Cabang Jember.

Utami, Yunita Rizqi (2018) Strategi Peningkatan Citra Bank Berbasis Syariah Di PT. BNI Syariah Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yunita RIizqi Utami_083133042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebelum adanya keberadaan perbankan syariah kita merasa bahwa perekonomian kita menjadi kapitalis karena menganut sistem bunga, hal ini menjadi pertentangan dengan prinsip Islam yang menghargai usaha dan mengharamkan riba. Pihak perusahaan harus membentuk opini publik yang baik bahwa bank syariah sudah sesuai dengan prinsip Islam,semua itu merupakan sebuah amanah yang harus disampaikan guna untuk menyakinkan pada publik bahwa bank syariah dan bank konvensional tidaklah sama, dimana citra bank syariah masih kurang baik di khalayak publik yang masih berfikiran bahwa bank syariah dan konvensional sama. Diperlukanya strategi dan komunikasi yang efektif dan efisien agar tercipta citra positif bank berbasis syariah sehingga publik akan percaya akan keberadaan sistem bank syariah yang sesuai dengan Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: a) Apa strategi yang digunakan PT. BNI Syariah Kantor Cabang Jember untuk meningkatkan citranya sebagai bank berbasis syariah, b) Apa strategi yang paling efektif PT. BNI Syariah Kantor Cabang Jember untuk meningkatkan citranya sebagai bank berbasis syariah, c) Bagaimana citra yang diharapkan PT. BNI Syariah Kantor Cabang Jember. Tujuan penelitian ini adalah: a) Untuk mengetahui strategi yang digunakan PT. BNI Syariah Kantor Cabang Jember untuk meningkatkan citranya sebagai bank berbasis syariah, b) Untuk mengetahui strategi yang paling efektif PT. BNI Syariah Kantor Cabang Jember untuk meningkatkan citranya sebagai bank berbasis syariah, c) Untuk mengetahui citra yang diharapkan PT. BNI Syariah Kantor Cabang Jember. Penetian ini dilakukan di PT. BNI Syariah Kantor Cabang Jember dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian adalah a) Strategi peningkatan citra bank berbasis syariah yang digunakan oleh PT. BNI Syariah KC Jember dalam meningkatkan citranya sebagai bank berbasis syariah yaitu dengan menggunakan strategi komunikasi publik, deferensiasi citra, market share, b) Strategi paling efektif yang digunakan PT. BNI Syariah dalam meningkatkan citrannya sebagai bank berbasis syariah dengan menggunakan strategi market share, yaitu dengan perluasan jaringan dan pemasaran yang efisien dan efektif dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi, c) Citra yang diharapkan oleh PT. BNI Syariah yaitu bank yang memiliki nilai citra positif, bahwa bank BNI Syariah merupakan bank yang benar-benar dalam sistem operasionalnya menggunakan prinsip-prinsip muamalah sesuai dengan syariat Islam dan larangan riba. Kata Kunci: Strategi, Citra, Bank Berbasis Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:09
Last Modified: 01 Mar 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19362

Actions (login required)

View Item View Item