Strategi Bank BRI untuk meraih nasabah kalangan pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo)

Hasanah, Zahratul (2018) Strategi Bank BRI untuk meraih nasabah kalangan pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zahratul Hasanah_083143304.pdf

Download (11MB)

Abstract

Perkembangan bank konvensional didasari oleh perkembangan perekonomian nasional yang telah berkembang secara signifikan, khususnya menurut masyarakat pondok pesantren yang menganggap bahwa bunga bank termasuk dalam kategori riba, sehingga sebagian besar masyarakat pondok pesantren tidak ingin melakukan transaksi dengan bank konvensional. Sedangkan realita yang terjadi selama ini masyarakat pondok pesantren masih menggunakan transaksi bank konvensional. pondok pesantren nurul jadid Karanganyar Paiton Probolinggo yang telah menjalin kerjasama dengan Bank Konvensional yaitu Bank Rakyat Indonesia. Focus masalah dalam penelitian yaitu : a). Bagaimana perkembangan dan latar belakang Bank BRI dipondok pesantren Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo. b). Bagaimana strategi Bank BRI dipondok pesantren Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah a). Mendeskripsikan perkembangan dan latar belakang Bank BRI dipondok pesantren Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo, b). Untuk mengetahui strategi Bank BRI dipondok pesantren Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan sumber data pada orang yang diwawancarai dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yaitu menganalisa hasil data yang terkumpul. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, Awal mulanya pengasuh dari pondok pesantren Nurul Jadid menjadi nasabah di bank BRI. Selanjutnya pihak bank BRI melakukan silaturahim kekediaman pengasuh pondok pesantren Nurul Jadid dengan menawarkan beberapa produk seperti produk simpanan untuk para santri, pembayaran SPP santri, dan gaji guru melalui bank BRI. BRI membawa perubahan dan perkembangan pelayanan kuangan pondok pesantren Nurul Jadid yang menawarkan tentang gaji pegawai yang awalnya sistem penggajian secara manual menjadi online lewat rekening, Dan fasilitas pinjaman dengan kerjasama karena gaji pegawai sudah bisa melalui bank BRI. Selain itu meningkatnya layanan dipondok pesantren Nurul Jadid seperti pembayaran SPP lewat jaringan BRI baik iuran santri dan pembayaran biaya sekolah santri yang awalnya lewat bendahara lembaga menjadi layanan pembayaran online, Strategi yang digunakan bank BRI dalam mempertahankan kerja sama dengan pondok pesantren Nurul Jadid yaitu dengan cara: menjalan misi sesuai dengan motto bank BRI (melayani nasabah dengan setulus hati) dengan apa yang BRI punya, atau fasilitas yang BRI punya dan sarana BRI yang bisa dimanfaatkan dan dipakai oleh pesantren Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo, melayani apa yang akan menjadi harapan pesantren, selain itu pihak BRI juga melakukan silaturahim dengan pengasuh pesantren Nurul Jadid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:10
Last Modified: 01 Mar 2023 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19363

Actions (login required)

View Item View Item