Penguatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Melalui Laboratorium Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016-2017.

Ardiyanto, Ahmad (2017) Penguatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Melalui Laboratorium Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016-2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Ardiyanto_08413110.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pengangkatan tema ini dilatar belakangi karena saat ini banyak pesera didik yang menggap mata pelajaran PAI tidak penting, selain karena tidak tercantum dalam ujian nasional juga karena pembelajaran yang kadang cenderung monoton sehingga Berdasarkan masalah tersebut maka diangkatlah judul “Penguatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Melalui Laboratorium Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016-2017.” Fokus penelitian pada skripsi ini ada tiga yang disebutkan sebagai berikut. 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di laboratorium PAI di SMA Negeri 2 Jember 2. Bagaiama proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Laboratorium PAI di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2016/2017 3. Bagaimana efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam di laboratorium PAI di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2016/2017 Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah.1. Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di laboratorium PAI di SMAN 2 Jember 2. Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Laboratorium PAI di SMAN 2 Jember3. Untuk mendeskripsikan efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam di laboratorium PAI di SMAN 2 Jember Metode penelitian pada skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam menentukan subyek penelitian, menggunakan teknik purposive. sedangkan metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari kepala sekolah, koordinator guru PAI, guru PAI dan peserta didik. Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu reduction data, display data, dan verifikasi. Dan keabsahan data digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan di SMA Negri 2 Jember 1. Penyusunan perencanaan pembelajaran di Lab PAI cukup memudahkan bagi guru PAI khususnya dalam menentukan metode dan media pembelajaran karena fasilitas yang ada di Lab PAI cukup memadai 2. Proses pembelajaran PAI di Lab PAI cukup maksimal dengan perencanaan yang tepat, khussunya dalam menentukan metode dan media pembelajaran serta fasilitas yang ada di laboratorium PAI 3. Tingkat keefektifan pembelajaran di Lab PAI cukup maksimal karena fasilitas yang ada di Lab PAI cukup lengkap dan dapat menunjang pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19383

Actions (login required)

View Item View Item