Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Bullying di MAN 2 Jember Kecamatan Patrang Tahun Pelajaran 2019/2020

Kamalia, Ahsanul (2019) Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Bullying di MAN 2 Jember Kecamatan Patrang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahsanul Kamalia_T20153059.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh maraknya kasus-kasus bullying yang terjadi di kalangan peserta didik dan secara khusus kasus bullying yang terjadi antara peserta didik MAN 2 Jember. Salah satu identifikasi faktor kasus tersebut adalah keberagaman latar belakang anata siswa yang satu dengan lainnya, idealnya semua peserta didik harus menghargai perbedaan tersebut agar terciptanya situasi sosial yang baik dan tercipta proses belajar yang kondusif dan nyaman. Fokus penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan bimbingan dan konseling dalam mengatasi bullying di MAN 2 Jember Kecamatan Patrang tahun pelajaran 2019/2020?. 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam mengatasi bullying di MAN 2 Jember Kecamatan Patrang tahun pelajaran 2019/2020?. 3) Bagaimana evaluasai bimbingan dan konseling dalam mengatasi bullying di MAN 2 Jember Kecamatan Patrang tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan bimbingan dan konseling dalam mengatasi bullying di MAN 2 Jember Kecamatan Patrang tahun pelajaran 2019/2020?. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam mengatasi bullying di MAN 2 Jember Kecamatan Patrang tahun pelajaran 2019/2020?. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi bimbingan dan konseling dalam mengatasi bullying di MAN 2 Jember Kecamatan Patrang tahun pelajaran 2019/2020?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi jenis partisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi terstruktur, dan studi dokumenter. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi condensation, data display, dan conclusion drawing/verivications. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian, yaitu: 1) Perencanaan bimbingan dan konseling di MAN 2 Jember berkerjasama dengan semua stakeholder yang ada di madrasah. Ada beberapa tahap dalam proses perencanaan bimbingan dan konseling di MAN 2 Jember, yaitu: pembagian tugas guru bimbingan dan konseling, studi kelayaan, penyusunan Program bimbingan dan konseling, persiapan sarana dan fasilitas. 2) Pelaksanaan bimbingan dan konseling di MAN 2 Jember memiliki beberapa layanan, yaitu: layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, layanan konsultasi dan layanan mediasi. Dalam mengatasi bullying di MAN 2 Jember guru bimbingan dan konseling menggunakan layanan individu , kemudian guru bimbingan dan konseling melakukan layanan kelompok dan melakukan mediasi untuk menyelesaikan masalah bullying. Bentuk-bentuk bullying yang terjadi di MAN 2 Jember yaitu kontak fisik langsung dan kontak verbal langsung . Faktor terjadinya digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix bullying di MAN 2 Jember dikarenakan faktor keluarga dan faktor teman. 3) Terdapat dua evaluasi bimbingan dan konseling di MAN 2 Jember, yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil. Dalam kegiatan evaluasi, guru bimbingan dan konseling melaporkan hasil evaluasi kepada kepala madrasah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19384

Actions (login required)

View Item View Item