Pembinaan Aqidah melalui kitab Jawahir al-Kalamiyah di Yayasan yatim piatu dan anak putus sekolah Bina Sholehah Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Tahun pelajaran 2016/2017, PAI FTIK IAIN Jember.

Fauziah, Ainul (2017) Pembinaan Aqidah melalui kitab Jawahir al-Kalamiyah di Yayasan yatim piatu dan anak putus sekolah Bina Sholehah Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Tahun pelajaran 2016/2017, PAI FTIK IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ainul Fauziah_084 131 067.pdf

Download (19MB)

Abstract

Pembinaan aqidah adalah sebuah usaha sungguh-sungguh dalam meningkatkan keimanan kepada sang pencipta dengan mempercayai dan tidak ada sedikitpun keraguan di dalamnya. Dengan target menhindari kekufuran bagi anak didik di yayasan yatim piatu dan anak putus sekolah di yayasan Bina Sholehah. Penelitian ini berusaha mengungkap permasalahan tentang: 1)Bagaimana Pembinaan Aqidah melalui kitab Jawahir al-Kalamiyah di Yayasan yatim piatu dan anak putus sekolah Bina Sholehah Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Tahun pelajaran 2016/2017 ? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembinaan Aqidah melalui kitab Jawahir al-Kalamiyah di Yayasan yatim piatu dan anak putus sekolah Bina Sholehah Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pembinaan Aqidah melalui kitab Jawahir al- Kalamiyah di Yayasan yatim piatu dan anak putus sekolah Bina Sholehah Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2016 /2017.2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembinaan Aqidah melalui kitab Jawahir al-Kalamiyah di Yayasan yatim piatu dan anak putus sekolah Bina Sholehah Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu:1) Pembinaan Aqidah melalui Kitab Jawahir al-Kalamiyah di yayasan yatim piatu dan anak putus sekolah Bina Sholehah Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2016 /2017 menggunakan materi kitab Jawahir al-Kalamiyah dan metode yang digunakan adalah metode bendongan, hafalan, tanya jawab dan diskusi. Pembinaan dilaksanakan pada minggu malam senin setiap pukul 17.30-20.00 wib. Dengan diawali sholat Maghrib, Mengaji, Dzikir, dilanjut dengan terkadang menonton video renungan, kegiatan pembinaan dan di akhiri dengan sholat isya’berjama;ah. Dan evaluasi yang dilakukan setiap pertemuan dengan cara hafalan dan cek list kegiatan .2) Faktor penghambat pembinaan aqidah melalui Kitab Jawahir al-Kalamiyah di yayasan yatim piatu dan anak putus sekolah Bina Sholehah Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2016 /2017 adalah dimana para peserta didik kurang antusias untuk menerjemahkan isi kitab Jawahir al-Kalamiyah. Sedangkan faktor pendukungnya adalah rasa ingin tahu yang tinggi dibuktikan dengan aktif dalam tanya jawab dan media pembelajaran yang memadai, seperti media LCD dan laptop.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19385

Actions (login required)

View Item View Item