Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Madarijus Salikin Karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam Menanamkan Nilai Religius Siswa Kelas XII SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2016/2017.

Azizah, Aminatul (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Madarijus Salikin Karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam Menanamkan Nilai Religius Siswa Kelas XII SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aminatul Azizah_084131096.pdf

Download (7MB)

Abstract

Siswa yang memiliki nilai religius selalu menunjukkan perilaku yang baik, baik kepada Allah, sesama, dan lingkuan serta kepada diri sendiri. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian di SMA Negeri Ambulu yang menerapkan pembelajaran kitab Madarijus Salikin. Fokus masalah yang diteliti diskripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Madarijus Salikin pada siswa kelas XII SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Madarijus Salikin dalam menanamkan nilai religius pada siswa kelas XII SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2016/2017?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Madarijus Salikindalam menanamkan nilai religius pada siswa kelas XII SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah : 1)Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Madarijus Salikin pada siswa kelas XII SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Madarijus Salikindalam menanamkan nilai religius pada siswa kelas XII SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Madarijus Salikin dalam menanamkan nilai religius pada siswa kelas XII SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menganalisis pelaksanaan pembelajaran kitab Madarijus Salikin dalam menanamkan nilai religius siswa kelas XII SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2016/2017. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi, sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran kitab Madarijus Salikin dalam menanamkan nilai religius siswa kelas XII SMA Negeri Ambulu perancangan pemiliahan materi, metode yang akan digunakan serta jadwal pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Madarijus Salikin dengan penjadwalan secara rutin setiap satu minggu sekali disetiap kelas XII dari XII IPA 1-5 dan XII IPS 1-4. Nilai religius yang dikembangkan oleh siswa yaitu, a) nilai sabar, b) nilai ridha, c) nilai tawakal. Upaya yang dilakukan dalam menanamkan nilai religius siswa kelas XII dengan cara memasukkan penjelasan materi kitab Madarijus Salikin, siraman rohani, dan keteladanan dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Madarijus Salikin tersebut, 3) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran kitab Madarijus Salikin dapat dilihat dan diketahui dari keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran dari absensi siswa danreaksi ketika mengikuti pembelajaran tersebut yang termasuk nilai ibadah. Selain itu bentuk evaluasi dilihat dari bagaimana perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19388

Actions (login required)

View Item View Item