Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajung Melalui Praktikum Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan.

Abdillah, Andi (2019) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajung Melalui Praktikum Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Andi Abdillah_T201510006.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran IPA siswa SMP Negeri 1 Ajung. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara kepada salah satu guru IPA di SMP Negeri 1 Ajung, diketahui bahwa siswa merasa kesulitan menerima pelajaran, dan apabila diberi tugas tidak pernah dikerjakan dengan baik. Setelah peneliti melakukan uji coba menggunakan metode praktikum, siswa terlihat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII C SMP Negeri 1 Ajung sebelum dan sesudah praktikum gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan, serta untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar pada materi gerak lurus melalui praktikum gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan di kelas VIII C SMP Negeri 1 Ajung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel siswa yang terlibat berjumlah 32 siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t berpasangan (t paired test). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi, wawancara, observasi, dan tes. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung motivasi belajar siswa sebesar 6,01 dan ttabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar yang signifikan antara sebelum dan setelah mengikuti kegiatan praktikum. Selain itu, peningkatan motivasi diketahui sebesar 7,40% yang diperoleh dari selisih rata-rata hasil posttest dan pretest. Kata Kunci: Motivasi belajar dan Metode Praktikum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19389

Actions (login required)

View Item View Item