Analisis Soal dalam Buku Siswa Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 (Edisi Revisi 2017) Berdasarkan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS).

Isroaty, Any (2019) Analisis Soal dalam Buku Siswa Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 (Edisi Revisi 2017) Berdasarkan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Any Isroaty_T20157003.pdf

Download (14MB)

Abstract

Kata kunci : Analisis soal, buku siswa matematika kurikulum 2013, dimensi TIMSS Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil laporan dari Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) yang menunjukkan bahwa capaian anak-anak Indonesia tidak menggembirakan dalam beberapa kali laporan yang dikeluarkan TIMSS, skor yang diperoleh dibawah rata-rata yaitu 398,8 untuk skor rata-rata internasional 490,8. Hasil tersebut menjadi dasar dalam merumuskan pembelajaran dalam kurikulum 2013. Pengimplementasian kurikulum 2013 pemerintah telah menyiapkan buku siswa sebagai buku acuan wajib pembelajaran di sekolah, salah satunya yaitu buku siswa kelas VII (edisi revisi 2017) yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analasis soal uji kompetensi dalam buku siswa matematika kelas VII kurikulum 2013 (edisi revisi 2017) berdasarkan dimensi TIMSS?, sedangkan tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis soal uji kompetensi dalam buku siswa matematika kelas VII kurikulum 2013 (edisi revisi 2017) berdasarkan dimensi TIMSS. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah soal-soal uji kompetensi dalam buku siswa matematika kelas VII kurikulum 2013 (edisi revisi 2017) berdasarkan pada dimensi konten TIMSS, yaitu materi bilangan, aljabar, perbandingan, garis dan sudut, segitiga dan segiempat, serta penyajian data. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode dokumentasi. Pedoman yang digunakan dalam analisis soal yaitu berdasarkan dimensi kognitif dari TIMSS 2015 Assessment Framework. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 234 soal yang dianalisis memuat 2,82% deskriptor mengenali, 0,43% deskriptor mengklasifikasi/ mengurutkan, 11,11% deskriptor menghitung, 18,8% deskriptor mengambil, 1,28% deskriptor mengukur, 17,95% deskriptor menentukan, 8,12% deskriptor merepresentasikan/ memodelkan, 14,69% deskriptor menerapkan, 9,4% deskriptor menganalisis, 2,14% deskriptor mempersatukan, 2,14% deskriptor membuat kesimpulan, 0,43% deskriptor menggeneralisasi, 6,41% deskriptor memberi alasan dan 1,28% lainlain. Secara keseluruhan berdasarkan dimensi kognitif TIMSS soal yang termasuk domain penerapan memiliki persentase paling tinggi yaitu sebesar 41,03% untuk 96 soal, diikuti dengan domain pengetahuan yaitu sebesar 37,18% untuk 87 soal, dan paling sedikit termasuk domain penalaran yaitu sebesar 20,52% untuk 48 soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19390

Actions (login required)

View Item View Item