Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Yuniati, Arik Roch (2017) Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Arik Roch Yuniati_084 134 050.pdf

Download (35MB)

Abstract

Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar di madrasah ibtidaiyah sangat penting untuk memberikan bimbingan dan mengatasi kesulitan belajar siswa misalnya dalam kesulitan belajar membaca dan menulis karena siswa yang mengalami kesulitan belajar tersebut akan mengalami kesulitan dalam kehidupan di lingkungannya, terutama di sekolah yang pembelajarannya menggunakan buku. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar siswa?, 2) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam mengatasi kesulitan belajar siswa?, 3) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, 2) Mendiskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, 3) Mendiskripsikan peran guru sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah: kualitatif dan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Metode Pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik interaktif model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu: koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitiannya adalah: 1) Peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan mengenal dan memahami siswa baik secara individual maupun secara kelompok guru melihat langsung dalam proses pembelajaran. Membantu setiap siswa dalam mengatasi kesulitan masalahmasalah dihadapinya guru memberikan jam tambahan khusus yang ditempatkan di ruangan khusus setelah pulang sekolah; 2) Peran guru sebagai fasilitator dalam mengatasi kesulitan belajar siswa antara lain guru memahami berbagai jenis media dan sumber belajar sebelum digunakan pada saat proses pembelajaran, guru mempunyai keterampilan dalam merancang suatu media guru melaksanakan perancangan media cocok dan memudahkan proses pembelajaran. Serta dilakukan dengan menjalin komunikasi seperti memberikan perhatian, diajak berbincangbincang dengan seperi itu akan timbul interaksi dengan baik antara siswa dengan guru; 3) Peran guru sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dilakukan dengan meningkatkan minat melalui pemberian nasehat-nasehat yang berkaitan dengan orang tua selain itu guru menerapkan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih semangat. Selain itu,dengan memberikan pujian dan memberikan penilaian dengan tujuan siswa akan menjadi lebih bersaing dengan teman-temannya dan berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19391

Actions (login required)

View Item View Item