Kontribusi wali murid dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Santri TPA Al-Kautsar Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017

Tamam, Badrit (2017) Kontribusi wali murid dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Santri TPA Al-Kautsar Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Badrit Tamam_084 121 253.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keluarga merupakan lapangan pendidikan yang pertama dan utama, dan pendidiknya adalah kedua orang tua. Orang tua (bapak dan ibu) adalah pendidik kodrati. Mereka pendidik bagi anak-anaknya karena secara kodrat ibu dan bapak diberikan anugerah oleh Tuhan pencipta berupa naluri orang tua. Karena naluri ini timbul rasa kasih sayang para orang tua pada anak-anak mereka, sehingga secara moral keduanya merasa terbebani tanggung jawab untuk memelihara, mengawasi dan melindungi serta membimbing keturunan mereka. Maka dari itu keluarga memiliki peran yang sangat besar untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam kepada anak-anaknya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kontribusi wali murid dalam menanamkan nilai akidah pada santri TPA Al-Kautsar Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana kontribusi wali murid dalam menanamkan nilai ibadah pada santri TPA Al-Kautsar Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017?, 3) Bagaimana kontribusi wali murid dalam menanamkan nilai akhlak pada santri TPA Al-Kautsar Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kontribusi wali murid dalam menanamkan nilai akidah pada Santri TPA Al-Kautsar Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Untuk mendeskripsikan kontribusi wali murid dalam menanamkan nilai ibadah pada Santri TPA Al-Kautsar Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017 dan 3) Untuk mendeskripsikan kontribusi wali murid dalam menanamkan nilai akhlak pada Santri TPA Al-Kautsar Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Datanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa peranan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada santri TPA Al-Kautsar Sukosari Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017 sudah dilaksanakan. Hal ini dapat lihat dengan berbagai upaya-upaya yang dilakukan oleh orang tua baik yang bersifat teoritis maupun yang bersifat praktis, meliputi peranan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai akidah, peranan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai ibadah, serta peranan keluarga dalam menanamkan nilainilai akhlak pada santri di TPA Al-Kautsar Sukosari Bondowoso

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19392

Actions (login required)

View Item View Item