Implementasi Metode Quantum Reading Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Bidang Ski Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Darus Salam Glundengan Wuluhan Jember.

Fahriyah, Dessy Fajriyatul (2017) Implementasi Metode Quantum Reading Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Bidang Ski Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Darus Salam Glundengan Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dessy Fajriyatul Fahriyah_084 131 236.pdf

Download (14MB)

Abstract

Metode quantum reading merupakan metode yang dapat meningkatkan minat membaca siswa terutama pada mata pelajaran yang dianggap membosankan. Maka, penulis sangat tertarik dengan fenomena tersebut untuk diteliti sebagai tambahan keilmuan dan pengetahuan tentang metode pembelajaran. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Metode Quantum Reading dalam Meningkatan Keaktifan visual Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Bidang SKI. (2) Bagaimana Implementasi Metode Quantum Reading dalam Meningkatan Keaktifan lisan (berbicara) Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Bidang SKI. (3) Bagaimana Implementasi Metode Quantum Reading dalam Meningkatan Keaktifan mendengarkan (menyimak) Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Bidang SKI di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Darus Salam Glundengan Wuluhan Jember? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Implementasi Metode Quantum Reading dalam Meningkatan Keaktifan visual Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Bidang SKI. (2) Mendeskripsikan Implementasi Metode Quantum Reading dalam Meningkatan Keaktifan lisan (berbicara) Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Bidang SKI. (3) Mendeskripsikan Implementasi Metode Quantum Reading dalam Meningkatan Keaktifan mendengarkan (menyimak) Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Bidang SKI di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Darus Salam Glundengan Wuluhan Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian adalah : 1) Implementasi Metode Quantum Reading dalam Meningkatan Keaktifan visual Siswa Dalam Bidang SKI dilakukan dengan cara memerintahkan serta memotivasi siswa untuk gemar membaca, sehingga siswa diharapkan mempunyai kebiasaan mengaktifkan visualnya dengan membaca . 2) Implementasi Metode Quantum Reading dalam Meningkatan Keaktifan lisan (berbicara) Siswa Dalam Bidang SKI dilakukan dengan cara mendorong siswa untuk berani berkomentar dan berpendapat serta menyimpulkan dan bertanya secara lisan hal-hal yang belum jelas dari apa yang telah dibaca. 3) Implementasi Metode Quantum Reading dalam Meningkatan Keaktifan mendengarkan (menyimak) Siswa Dalam Bidang SKI di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Darus Salam Glundengan Wuluhan Jember dilakukan dengan cara membiasakan siswa untuk mendengarkan baik-baik ketika guru atau siswa lain membaca buku atau memberikan keterangan. Hal ini dilakukan dengan disiplin sehingga siswa terbiasa menyimak dengan baik apa yang dibaca atau diterangkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:48
Last Modified: 02 Mar 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19394

Actions (login required)

View Item View Item