Implementasi Remedial Teaching Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Tata Niaga di SMKN 1 Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Pratiwi, Dianita Ayu (2017) Implementasi Remedial Teaching Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Tata Niaga di SMKN 1 Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dianita Ayu Pratiwi_084 131 494.pdf

Download (10MB)

Abstract

Proses pembelajaran metode sangat diperlukan sebagai upaya untuk membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran, salah satu metode yang diperlukan adalah metode dalam remedial teaching sebagai salah satu cara seorang pendidik untuk membantu mereka dalam menanggulangi kesulitan belajar, seperti yang digunakan oleh guru PAI di SMKN 1 Jember dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa, terutama pada jurusan TN kelas XI yang terkenal gaduh di kelasnya. Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan remedial teaching dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI TN di SMKN 1 Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?; 2) Bagaimana pelaksanaan remedial teaching dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI TN di SMKN 1 Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018?; 3) Bagaimana evaluasi remedial teaching dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI TN di SMKN 1 Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan remedial teaching dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI TN di SMKN 1 Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018; 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan remedial teaching dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI TN di SMKN 1 Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018; 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi remedial teaching dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada bidang studi PAI kelas XI TN di SMKN 1 Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian diawali metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Milles dan Huberman langkah-langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kesimpulan penelitiannya adalah: 1. Metode yang digunakan dalam remedial teaching di SMKN 1 Jember ada 3, yaitu: a) metode pemberian tugas, b) metode kerja kelompok dan c) metode diskusi; 2. Langkah-langkah dalam pelaksanaan remedial teaching yang digunakan oleh guru PAI ada 3, yaitu: a) identifikasi masalah atau kasus, b) lokalisasi jenis dan sifat kesulitan, dan c) tindak lanjut (follow up); 3. Kendala dalam evaluasi remedial teaching ada 3 kendala, yaitu: a) motivasi dari dalam diri siswa sendiri, b) masalah waktu, dan c) latar belakang siswa/back ground family.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:48
Last Modified: 02 Mar 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19396

Actions (login required)

View Item View Item