Penerapan Reinforcement Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa.di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018.

Azizah, Dwi Lutvi (2017) Penerapan Reinforcement Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa.di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Lutvi Azizah_084 131 120.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kunci keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pendidikan terletak pada proses kedisiplinan belajar yang dialami siswa, oleh karena itu perlunya pemahaman guru terhadap belajar sangat diperlukan guna untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam setiap proses belajar, baik itu di sekolah, keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Perlunya akan sebuah reinforcement dalam belajar sangat diperlukan untuk memaslahatkan aturan tata tertib sekolah. Jadi setiap tingkah laku siswa mendapatkan sebuah respon, dimana respon tersebut bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan perilaku siswa yang dikehendaki kearah yang lebih baik. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis berinisiatif untuk melakukan sebuah penelitian yang berjudul Penerapan Reinforcement dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun fokus penelitian yang penulis angkat adalah 1. Bagaimana Penerapan Positive Reinforcement dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa? 2. Bagaimana Penerapan Negative Reinforcement dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa? Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sebagai upaya untuk memperoleh data yang valid, penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dalam tekniknya menggunakan orang-orang yang dianggap berkompeten dengan objek yang diteliti. Sedangkan pengumpulan datanya mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1). Penerapan positive reinforcement dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018, adalah sangat penting karena siswa menjadi lebih giat dalam belajar dan menimbulkan perilaku positif akan muncul kembali. (2). Penerapan negative reinforcement dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Perlunya akan kesadaran dari siswa itu sendiri untuk menaati peraturan yang ada, karena dengan begitu siswa akan memperbaiki perilakunya kearah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:48
Last Modified: 02 Mar 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19399

Actions (login required)

View Item View Item