Pemahaman Guru Tentang Konsep Jihad dalam Materi Fikih dan Implikasinya Terhadap Pemahaman Siswa Kelas XII di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Puspitasari, Dyah Ayu (2017) Pemahaman Guru Tentang Konsep Jihad dalam Materi Fikih dan Implikasinya Terhadap Pemahaman Siswa Kelas XII di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dyah Ayu Puspitasari_084 131 009.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata jihad sering dikaitkan dengan musuh (jahada al’aduww) yang berarti musuh, mencurahkan segenap tenaga untuk memeranginya. Hal inilah, yang sering dipahami peserta didik di MAN 3 Jember. Dalam proses pembelajaran, setiap individu (peserta didik) memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami apa yang telah disampaikan oleh pendidik. Ada yang mampu memahami materi secara keseluruhan dan ada pula yang sama sekali tidak dapat mengambil makna dari apa yang telah disampaikan oleh pendidik, sehingga yang dicapai hanya sebatas mengetahui. Kemampuan pendidik dalam memahami konsep jihad sangatlah berpengaruh pada penyampaian materi dan pemahaman peserta didiknya, karena apa yang disampaikan dan pahami oleh guru akan berdampak pula pada pemahaman peserta didiknya. Dalam hal ini, guru fiqh mempunyai peran besar dalam memahami dan menyampaikan pemahamannya kepada peserta didik tentang konsep jihad. Oleh karena itu, perlu pemahaman dan penjelasan guru yang baik tentang arti jihad, sehingga pemahaman siswa tentang konsep jihad yang diperoleh dari guru dapat diimplikasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana pemahaman guru tentang konsep jihad dalam materi Fikih kelas XII di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana implikasinya terhadap pemahaman siswa tentang konsep jihad dalam materi Fikih kelas XII di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan pemahaman guru tentang konsep jihad dalam materi Fikih kelas XII di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) Untuk mendiskripsikan implikasinya terhadap pemahaman siswa tentang konsep jihad dalam materi Fikih kelas XII di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitan ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pemahaman guru tentang konsep jihad pada materi Fikih kelas XII di MAN 3 Jember yaitu guru memahami bahwa jihad merupakan jihad dalam memerangi diri sendiri (melawan hawa nafsu), memerangi yang menjadi kekurangan dalam diri sendiri sehingga sesuai dengan syariat agama. 2) Implikasinya terhadap pemahaman siswa tentang konsep jihad dalam materi Fikih kelas XII di MAN 3 Jember yaitu bersabar dan memerangi rasa malas dan berpuasa senin kamis (melawan hawa nafsu); jihad dalam menuntut ilmu; mengamalkan ilmu dengan beribadah melaksanakan shalat dhuha; membantu orang tua; dan merubah sifat buruk menjadi baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:48
Last Modified: 02 Mar 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19400

Actions (login required)

View Item View Item