Upaya Pengasuh Dalam Mempertahankan Keberlangsungan Pendidikan Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kaliwates Jember Tahun 2017,

Setiawan, Eko Wahyu (2017) Upaya Pengasuh Dalam Mempertahankan Keberlangsungan Pendidikan Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kaliwates Jember Tahun 2017,. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eko Wahyu Setiawan_084 131 492.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam sejarah bangsa Indonesia, terdapat sejumlah pendidikan dengan model asrama sebelum kedatangan Islam. Asrama tersebut pada umumnya memiliki satu sistem pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran itu sendiri. Dalam asrama tersebut, mendoktrin ajaran-ajaran agama. Pondok pesantren Miftahul Ulum dari tahun ke tahun mengalami kemunduran baik dari lembaga formal maupun non formal. Pesantren ini memiliki lembaga formal yaitu, TK dengan 2 Rombel, SD, dan SMP. Ditinjau Dari kemunduran tersebut ialah berkurangnya jumlah peserta didik baik dari sekolah formal maupun non formal (santri). Pesantren yang terletak di sebelah utara Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember merupakan pesantren khalaf yang masih eksis di tengah perkotaan dengan pendidikan madrasah diniyah yang mengajarkan kitab klasik agama Islam (kitab kuning). Fokus penelitian yang di angkat dalam penelitian ini adalah Upaya Pengasuh Dalam Mempertahankan Keberlangsungan Pendidikan Di Pesantren Miftahul Ulum Kaliwates Jember Tahun 2017 dengan dua sub fokus penelitian yaitu; Apa Problematika Pengasuh Dalam Melaksanakan Pendidikan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kaliwates Jember Tahun 2017 dan Bagaimana Strategi yang dilakukan oleh Pengasuh dalam Melaksanaan Pendidikan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kaliwates Jember Tahun 2017. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Upaya Pengasuh Dalam Mempertahankan Keberlangsungan Pendidikan Di Pesantren Miftahul Ulum Kaliwates Jember Tahun 2017 baik dari beberapa bentuk upaya pengasuh seperti, melalui nasehat, kajian kitab, pembiasaan dan keteladanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk penelitian lapangan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk analisanya menggunakan analisa deskriptif dan keabsahan datanya menggunakan tehnik triangulasi data yang meliputi metode, triangulasi sumber, triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) bentuk upaya pengasuh dalam mempertahankan keberlangsungan pendidikan di pondok pesantren miftahul ulum adalah : melalui nasehat, kajian kitab kuning, melalui keteladanan dan melalui pembiasaan. Akan tetapi pengasuh sering memberikan nasehat agar para santri sadar akan pendidikan agama Islam. (2) beberapa pelaksanaan yang dilakukan oleh pengasuh adalah : pengasuh memberikan inovasi dari segi metode baca kitab kuning yang semula menggunakan amtsilati menjadi metode AlMiftah. (3) beberapa faktor pendukung dan penghambat yakni: keamampuan pengasuh, pemimpin yang kuat dan bervisi, sarana dan prasarana, kurikulum, lingkungan masyarakat; adapun faktor penghambat yakni: faktor tenaga pengajar, faktor santri, faktor wali santri, faktor internal dari segi waktu dan faktor eksternal dari segi tekhnologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:48
Last Modified: 02 Mar 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19401

Actions (login required)

View Item View Item