Pemanfaatan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Indriyani, Elok (2017) Pemanfaatan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Indriyani_084 121 295.pdf

Download (11MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik khusunya mata pelajaran fiqih mengunakan bahan ajar cetak dan pandang dengar. Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah memanfaatkan bahan ajar cetak dan pandang dengar dalam proses belajar mengajar untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang telah disampaikan sehingga mendapatkan hasil belajar yang sangat maksimal Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana pemanfaatan bahan ajar cetak untuk meningkatkan hasil belajar fiqih di madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana pemanfaatan bahan ajar pandang dengar untuk meningkatkan hasil belajar fiqih di madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian adalah:1) Mendeskripsikan pemanfaatan bahan ajar cetak untuk meningkatkan hasil belajar fiqih di madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Mendeskripsikan pemanfaatan bahan ajar pandang dengar untuk meningkatkan hasil belajar fiqih di madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Penentuan subyek penelitian secara purposive.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1) Pemanfaatan bahan ajar cetak dalam meningkatkan hasil belajar fiqih lebih efektif dalam sistem penilaian, baik penilain tugas, ulangan harian, dan ujian tengah semester. Dengan menggunakan bahan ajar cetak yang berupa buku paket dan LKS peserta didik lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru, disamping itu peserta didik juga lebih mudah untuk belajar tentang materi pelajaran khususnya mata pelajaran fiqih baik di kelas ataupun di rumah.2) Pemanfaatan bahan ajar pandang dengar dengan cara menayangkan video yang berkaitan dengan materi fiqih, menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta didik, mengklarifikasi pernyataan peserta didik, dan mengarahkan serta membimbing pengetahuan peserta didik. Dengan demikian pendidik tidak mendikte pengetahuan peserta didik akan tetapi membebaskan peserta didik untuk mengetahui sejauh mana potensi yang ada dalam dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:48
Last Modified: 02 Mar 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19405

Actions (login required)

View Item View Item