Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Sumber Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Hikmah, Fa'iqotul (2017) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Sumber Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fa’iqotul Hikmah_084 131 237.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kompetensi profesional guru dalam mengelola sumber belajar tidak dapat diabaikan begitu saja dalam proses pembelajaran, terutama di SMP Plus Darus Sholah Jember yang memiliki fasilitas yang cukup memadai dengan berbagai sumber belajar untuk para siswa-siswinya. Namun, sumber belajar tersebut tidak mungkin berjalan sendiri dengan lancar tanpa adanya seorang guru, untuk itulah kompetensi profesional guru dalam mengelola sumber belajar yang meliputi, pesan, manusia, bahan, dan lingkungan disini sangat dibutuhkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan dan diinginkan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini mencakup tentang., Bagaimana pelaksanaan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam dalam mengelola pesan, manusia, bahan dan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?., Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana pelaksanaan kompetensi profesional guru PAI dalam mengelola pesan sebagai sumber belajar pada pembelajaran PAI di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kompetensi profesional guru PAI dalam mengelola manusia sebagai sumber belajar pada pembelajaran PAI di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kompetensi profesional guru PAI dalam mengelola bahan sebagai sumber belajar pada pembelajaran PAI di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 4) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kompetensi profesional guru PAI dalam mengelola lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran PAI di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis field reseac. Penentun subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Milles dan Hubermans, dengan langkah-langkah yaitu: koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi profesional guru pai dalam mengelola pesan sebagai sumber belajar yakni dengan cara guru harus benar-benar menguasai materi yang akan disampaikan kepada peserta didiknya dengan maksimal dan guru menyampaian materi sesuai dengan kurikulum yang sudah ditentukan 2) Kompetensi profesional guru pai dalam mengelola manusia sebagai sumber belajar yakni dengan cara guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih dibandingkan dengan peserta didiknya, akan tetapi seorang guru juga memiliki kemampuan yang terbatas dalam memberikan informasi yang diperlukan oleh peserta didiknya dalam membangun pengetahuan dan keterampilannya, oleh karena itu seorang guru juga mendatangkan fasilitator atau penceramah dari luar, tetapi hal tersebut dilakukan pada saat acara-acara tertentu 3) Kompetensi profesional guru pai dalam mengelola bahan sebagai sumber belajar yakni dengan cara guru memanfaatkan atau menggunakan media audiovisual serta bahan-bahan lainya yang ada yang sudah disediakan oleh sekolah 4) Kompetensi profesional guru pai dalam mengelola lingkungan sebagai sumber belajar yakni dengan cara memanfaatkan lingkungan yang berada di dalam kelas, di luar kelas (sekolah) maupun di luar sekolah,Kompetensi profesional guru dalam mengelola sumber belajar tidak dapat diabaikan begitu saja dalam proses pembelajaran, terutama di SMP Plus Darus Sholah Jember yang memiliki fasilitas yang cukup memadai dengan berbagai sumber belajar untuk para siswa-siswinya. Namun, sumber belajar tersebut tidak mungkin berjalan sendiri dengan lancar tanpa adanya seorang guru, untuk itulah kompetensi profesional guru dalam mengelola sumber belajar yang meliputi, pesan, manusia, bahan, dan lingkungan disini sangat dibutuhkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan dan diinginkan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini mencakup tentang., Bagaimana pelaksanaan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam dalam mengelola pesan, manusia, bahan dan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?., Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana pelaksanaan kompetensi profesional guru PAI dalam mengelola pesan sebagai sumber belajar pada pembelajaran PAI di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kompetensi profesional guru PAI dalam mengelola manusia sebagai sumber belajar pada pembelajaran PAI di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kompetensi profesional guru PAI dalam mengelola bahan sebagai sumber belajar pada pembelajaran PAI di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 4) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kompetensi profesional guru PAI dalam mengelola lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran PAI di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis field reseac. Penentun subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Milles dan Hubermans, dengan langkah-langkah yaitu: koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi profesional guru pai dalam mengelola pesan sebagai sumber belajar yakni dengan cara guru harus benar-benar menguasai materi yang akan disampaikan kepada peserta didiknya dengan maksimal dan guru menyampaian materi sesuai dengan kurikulum yang sudah ditentukan 2) Kompetensi profesional guru pai dalam mengelola manusia sebagai sumber belajar yakni dengan cara guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih dibandingkan dengan peserta didiknya, akan tetapi seorang guru juga memiliki kemampuan yang terbatas dalam memberikan informasi yang diperlukan oleh peserta didiknya dalam membangun pengetahuan dan keterampilannya, oleh karena itu seorang guru juga mendatangkan fasilitator atau penceramah dari luar, tetapi hal tersebut dilakukan pada saat acara-acara tertentu 3) Kompetensi profesional guru pai dalam mengelola bahan sebagai sumber belajar yakni dengan cara guru memanfaatkan atau menggunakan media audiovisual serta bahan-bahan lainya yang ada yang sudah disediakan oleh sekolah 4) Kompetensi profesional guru pai dalam mengelola lingkungan sebagai sumber belajar yakni dengan cara memanfaatkan lingkungan yang berada di dalam kelas, di luar kelas (sekolah) maupun di luar sekolah,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:49
Last Modified: 02 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19409

Actions (login required)

View Item View Item