Problematika Pembelajaran PAI Pada Siswa Tunarungu di SMPLB-B & Autis Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Rofiqoh, Faizatur (2017) Problematika Pembelajaran PAI Pada Siswa Tunarungu di SMPLB-B & Autis Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faizatur Rofiqoh_084 131 012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki kelainan atau kekurangan baik dari segi fisik, emosial, mental, maupun sosial. Salah satu anak yang memiliki kebutuhan khusus yaitu anak tunarungu. Tunarungu dapat diartikan sebagai suatu keadaan kehilangan pendengaran yang mengakibatkan seseorang tidak dapat menangkap berbagai rangsangan, terutama melaui indera pendengarannya. Pembelajaran di lembaga atau sekolah pasti ada suatau permasalah atau problematika dalam proses pembelajaran tidak lain halnya proses pembelajaran pada siswa tunarungu yang memiliki keterbatasan pendengaran. Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus penelitian adalah (1) Bagaimana problematika siswa tunarungu dalam pembelajaran PAI di SMPLB-B & Autis Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana problematika guru dalam pembelajaran PAI pada siswa tunarungu di SMPLB-B & Autis Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana problematika sarana dan prasarana dalam pembelajaran PAI pada siswa tunarungu di SMPLB-B & Autis Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan problematika siswa tunarugnu dalam pembelajaran PAI di SMPLB-B & Autis Bintoro Patrang Jember tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mendeskripsikan problematika guru dalam pembelajaran PAI pada siswa tunarungu di SMPLB-B & Autis Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mendeskripsikan problematika sarana dan prasaranadalam pembelajaran PAI pada siswa tunarungu di SMPLB-B & Autis Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan (1) observasi. (2) wawancara. (3) dokumentasi. Adapun validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode atau tekhnik, serta analisa datanya adalah kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Problematika siswa tunarungu dalam pembelajaran PAI di SMPLB-B & Autis Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu keterbatasan fisik, Kesulitan dalam komunikasi, Kesulitan dalam pelafalan ayat dan mengahafal niat atau doa, Keterbatsan perbendaharaan kosa kata. (2) Bagaimana problematika guru dalam pembelajaran PAI pada siswa tunarungu di SMPLB-B & Autis Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu Kesulitan dalam berkomunikasi dan interaksi dengan siswa, Kesulitan dalam mengajarkan materi pelafalan ayat Al-Qur’an, kesulitam penyampaian materi PAI, Tidak adanya guru bidang studi. (3) Bagaimana problematika sarana dan prasarana dalam pembelajaran PAI pada siswa tunarungu di SMPLB-B & Autis Bintoro Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu Kurangnya media pembelajaran, Kurangnya ketersedian fasilitas dalam semua pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:49
Last Modified: 02 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19410

Actions (login required)

View Item View Item