Aktualisasi Pendidikan Agama Islam melalui Budaya Religi di SMA Negeri 2 Jember.

Meizhar, Giovano Bhakti (2017) Aktualisasi Pendidikan Agama Islam melalui Budaya Religi di SMA Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Giovano Bhakti Meizhar_084 131 008.pdf

Download (7MB)

Abstract

Krisis dan degradasi moral di kalangan pelajar menjadi bumerang besar bagi pendidikan di Indonesia. Pendidikan yang sejatinya memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab masih belum bisa dilaksanakan. Untuk itu, sekolah sangat perlu menerapkan budaya religi sebagai aktualisasi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter, dengan tujuan sebagai bentuk pembiasaan kepada pelajar melakukan karakter baik. Penelitian ini difokuskan pada, a) Bagaimana aktualisasi Pendidikan Agama Islam melalui budaya religi di SMA Negeri 2 Jember, b) Apa faktor pendukung dan penghambat aktualisasi Pendidikan Agama Islam melalui budaya religi di SMA Negeri 2 Jember. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah, a) Untuk mendeskripsikan aktualisasi Pendidikan Agama Islam melalui budaya religi di SMA Negeri 2 Jember, b) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat aktualisasi Pendidikan Agama Islam melalui budaya religi di SMA Negeri 2 Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitan ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Aktualisasi Pendidikan Agama Islam melalui budaya religi di SMA Negeri 2 Jember dengan berbagai program seperti 10S 1i, pembacaan asmaul husna, shalat Dhuha, Dhuhur dan Jum’at berjamaah, mencatat isi khutbah jumat, pemutaran musik tentang gemar sedekah dan pembacaan doa bersama sebelum pelajaran pertama dimulai, pemutaran musik tentang makna hidup dan doa bersama sebelum pulang, Khotmil Qur’an setiap kelas, mewajibkan berkerudung setiap hari jumat, tarbiyatul Islam (tilawatil Qur’an, debat Islam, sholawat al-banjari), Jumat beramal, qiyamul lail dan program ini dinahkodai oleh sekolah, Remas dan OSIS. 2) Faktor pendukung aktualisasi Pendidikan Agama Islam melalui budaya religi di SMA Negeri 2 Jember adalah komunikasi, kekompakan, fasilitas dan dukungan penuh dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah siswa sendiri, dukungan orang tua dan pengaruh lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:49
Last Modified: 02 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19415

Actions (login required)

View Item View Item