Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Islami Siswa SMA N 2 Jember

Masykurun, Hafilah (2017) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Islami Siswa SMA N 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hafilah Rozana Masykurun_084 131 316.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran PAI merupakan keseluruhan kegiatan yang memungkinkan dan berkenaan dengan terjadinya interaksi antara guru dan siswa menuju ke arah terbentuknya kepribadian muslim yang baik. Pembelajaran PAI harus diberikan sejak dini terhadap siswa. Tujuan akhir dari pembelajaran ini untuk meningkatkan akhlak siswa yaitu melalui pembiasaan membaca asmaul husna. Asmaul Husna merupakan Do’a tambahan tetapi bersifat wajib bagi siswa SMA N 2 Jember. Asmaul husna adalah nama-nama Allah yang baik. Dengan adanya pembiasaan membaca asmaul husna siswa mampu mengetahui makna sifat-sifat Allah dan diterapkan dalam akhlak yang baik, terutama akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama dan akhlak kepada lingkungan. Adapun fokus penelitian: (1) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Islami Siswa terkait dengan pembiasaan membaca asmaul husna di SMA N 2 Jember ?. (2) Apa saja kendala Pelaksanaan Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Islami Siswa terkait dengan pembiasaan membaca asmaul husna di SMA N 2 Jember ?. Adapun tujian penelitian: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Islami Siswa terkait dengan pembiasaan membaca asmaul husna di SMA N 2 Jember. (2) Untuk mengetahui kendala Pelaksanaan Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Islami Siswa terkait dengan pembiasaan membaca asmaul husna di SMA N 2 Jember . Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian desriptif. Lokasi penelitian di SMA N 2 Jember. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data collection, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yaitu: (1) pelaksanaan Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Islami Siswa terkait dengan pembiasaan membaca asmaul husna di SMA N 2 Jember, berjalan dengan sangat efektif dan dapat memberikan perubahan terhadap akhlak siswa dalam menanamkan jiwa yang selalu dekat kepada Allah. Sehingga di SMA N 2 Jember dalam kehidupan sehari-harinya sudah menjalankan tradisi budaya Islami. (2) kendala Pelaksanaan Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Islami Siswa terkait dengan pembiasaan membaca asmaul husna di SMA N 2 Jember, yaitu untuk hal pembiasaan membaca asmaul husna bisa dikatakan tidak mengalami kendala karena bacaan asmaul husna dapat dengan mudah diingat oleh siswa menggunakan lagu. Untuk akhlaknya masih ada siswa yang kurang disiplin di kelas, tetapi hal tersebut tidak menjadi kendala yang sulit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:49
Last Modified: 02 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19416

Actions (login required)

View Item View Item