Penggunaan Media Video Animasi dari PowerPoint dalam menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Muqorrobin, Hanif (2017) Penggunaan Media Video Animasi dari PowerPoint dalam menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hanif Muqorrobin_084131151.pdf

Download (7MB)

Abstract

Media adalah suatu alat yang digunakan guru di kelas untuk memberikan rangsangan bagi siswa agar proses belajar mengajar tetap fokus dan terarah menuju tujuan pendidikan yang diinginkan. Fiqih merupakan mata pelajaran yang berisi syariat-syariat Agama Islam yang harus dikuasai secara mendalam oleh siswa. Dalam hal ini guru di Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Amien menerapkan media video animasi dalam proses pembelajarannya agar motivasi dan antusias siswa tumbuh dalam mempelajari Fiqih. Setiap siswa mempunyai gaya belajar dan daya tangkap materi yang berbeda-beda seperti gaya belajar visual, audio dan audio-visual. Hadirnya video animasi yang pada dasarnya merupakan media audio-visual diharapkan mampu menyampaikan materi lebih banyak kepada siswa walaupun siswa dengan gaya belajar audio atau visual saja. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi media video animasi dari PowerPoint dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Tahun Pelajaran 2017/2018?, 2) Apa saja kendala implementasi media video animasi dari PowerPoint dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi media video animasi dari PowerPoint dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember tahun pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan kendalakendala implementasi media video animasi dari PowerPoint dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Sekolah Menengah Pertama Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian dengan teknik Purpose. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Implementasi media video animasi dari PowerPoint dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa yang berawal dengan motivasi ektrinsik berupa lingkungan, pujian dan saranaprasarana yang memadai kemudian menjadi motivasi intrinsik berupa antusias dan hasrat belajar. Diawali dengan persepsi guru, penayangan video animasi secara keseluruhan, penjelasan materi dengan menjeda-jeda video dan evaluasi dalam bentuk post test. 2) tidak beraturnya jalan pembelajaran dikarenakan kurangnya persiapan, kurangnya waktu KBM karena mata pelajaran Fiqih banyak berisi praktek dan matinya listrik sehingga gagal dengan media video animasi dan diganti dengan media seadanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:49
Last Modified: 02 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19417

Actions (login required)

View Item View Item