Internalisasi nilai-nilai pedidikan agama islam pada anak usia dini di TK Islam Terpadu ‘Permata Hati’ Balung Jember. Skripsi. Jember: IAIN Jember

Maimunah, Haqiqotul (2017) Internalisasi nilai-nilai pedidikan agama islam pada anak usia dini di TK Islam Terpadu ‘Permata Hati’ Balung Jember. Skripsi. Jember: IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Haqiqotul Maimunah_084131176.pdf

Download (7MB)

Abstract

Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Anak usia dini berada pada rentan usia 0-6 tahun. Pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek sedang mengalami masa yang cepat dalam rentang perkembangan hidup manusia. Sedangkan pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta beragama), bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Dalam masa perkembangan, anak pada usia dini harus mendapatkan asupan pendidikan atau pengajaran yang baik. Terutama pada nilai-nilai pendidikan agama Islam dengan harapan pada tahap perkembangan selanjutnya anak akan mampu menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. dan mampu mnejadi manusia yang berkualitas secara agamanya. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana cara menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam aspek perkembangan kognitif pada anak usia dini di TK Islam Terpadu ‘Permata Hati’ Balung Jember? (2) Bagaimana cara menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam aspek perkembangan sosial pada anak usia dini di TK Islam Terpadu ‘Permata Hati’ Balung Jember? (3) Bagaimana cara menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam aspek perkembangan komunikasi anak usia dini di TK Islam Terpadu ‘Permata Hati’ Balung Jember? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan berjenis kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Internalisasi nilainilai Pendidikan Agama Islam dalam aspek perkembangan kognitif pada anak usia dini di TK Islam Terpadu ‘Permata Hati’ Balung Jember dilaksanakan melalui pembelajaran mengaji dengan menggunakan metode tilawati dan melaksanakan sholat dhuha secara rutin. (2) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam aspek perkembangan sosial pada anak usia dini di TK Islam Terpadu ‘Permata Hati’ Balung Jember dilaksanakan berupa pembiasaan sikap mandiri dan berakhlak baik. (3) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam aspek perkembangan komunikasi anak usia dini di TK Islam Terpadu ‘Permata Hati’ Balung Jember melalui kegiatan bernyanyi lagu-lagu islami dengan tepuk-tepuk dan bercerita tentang keteladanan Nabi Muhammad Saw.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:49
Last Modified: 02 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19419

Actions (login required)

View Item View Item