Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam di Smp Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Hikmah, Ida Faizatul (2017) Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam di Smp Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ida Faizatul Hikmah_084 131 203.pdf

Download (6MB)

Abstract

SMP Plus Darussholah yaitu SMP dibawah naungan yayasan pondok pesantren dan materinya terintergrasi dengan materi pesantren, jadi kurikulum disini ada dua yakni kurikulum Diknas dan kurikulum Depag, jadi pengembangannya disana juga ada materi bahasa arab, nahwu, sorof, fiqih dan tauhid serta kaligrafi semua itu adalah materi dari pengembangan Diknas, menyangkut mengenai sikap siswa disini masih ada yang kurang seperti tidak menghormati guru dan berprilaku kurang baik, lebih-lebih hal ini terkadang saat selepas siswa datang dari rumahnya setelah liburan. Perilaku kurang baik tersebut berkaitan dengan kurangnya internalisasi nilai-nilai keagamaan yang telah diberikan oleh guru terhadap siswa. Pokok masalah yang harus diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Teladan Bagi Peserta Didik di Sekolah Menengah Petama Plus Darussholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pribadi Yang Berakhlak Mulia Bagi Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini: 1) Mendeskripsikan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Teladan Bagi Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pribadi yang berakhlak mulia Bagi Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Plus Darrus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Sebagai guru teladan bagi peserta didik di SMP Plus Darussholah Jember yaitu dengan memberikan sikap yang baik seperti berpakaian rapi dan kedisiplinan guru serta istiqomah dalam mengikuti kegiatan sholat dhuha dan sholat berjmaah, hal tersebut dilakukan agar guru dapat dijadikan contoh yang baik bagi peserta didik. 2) Sebagai guru PAI yang mempunyai pribadi yang berakhlak mulia bagi peserta didik yaitu dengan sikap ubudiah guru PAI yang selalu menunaikan sholat wajib dan sholat sunnah, siswa dituntut untuk mencontoh apa yang ada pada guru PAI dan guru PAI di Darus Sholah juga memiliki sikap adil dan sabar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:49
Last Modified: 02 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19421

Actions (login required)

View Item View Item