Peran kepala madrasah dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai religius siswa di madrasah aliyah mamba’aul khoiriyatil islamiyah bangsalsari jember tahun pelajaran 2016/2017.

Soleha, Imroatus (2017) Peran kepala madrasah dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai religius siswa di madrasah aliyah mamba’aul khoiriyatil islamiyah bangsalsari jember tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imroatus Soleha_084 101 080.pdf

Download (28MB)

Abstract

Pendidikan keagamaan diselenggarakan oleh Pemerintah dan kelompok masyarakat dari pemeluk agama, sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pendidikan keagamaan berfungsi mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan menjadi ahli ilmu agama Fokus penelitian yang diteliti di skripsi adalah 1)Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan Aqidah siswa di MA MHI Bangsalsari Jember ? 2) Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan Ibadah siswa di MA MHI Bangsalsari Jember ? 3)Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan Akhlak siswa di MA MHI Bangsalsari Jember ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran kepala Madrasah dalam meningkatkan Aqidah siswa di MA MHI Bangsalsari. 2) Untuk mendeskripsikan peran kepala Madrasah dalam meningkatkan Ibadah siswa di MA MHI Bangsalsari. 3) Untuk mendeskripsikan peran kepala Madrasah dalam meningkatkan Akhlak siswa di MA MHI Bangsalsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakanan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain:1) Kepala sekolah senantiasa mengingatkan pada siswa pentingnya aqidah bahkan bersinggungan langsung dengan siswa namun yang paling berperan tetap guru aqidah yang memberikan materi tentang aqidah bahkan mengajak siswa untuk melakukan ziarah ke makam. 2) kepala sekolah menerbitkan peraturan wajibnya melaksanakan ibadah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ibadah siswa 3) kepala sekolah selalu menekankan kepada semua komponen yang ada agar memberikan contoh yang baik pada siswa dimanapun berada bahkan menegur setiap siswa jika berada pada jalur yang salah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:50
Last Modified: 02 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19423

Actions (login required)

View Item View Item