Kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai upaya dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di TK Terpadu Nurur Rohmah Patrang Jember Tahun ajaran 2017-2018

Hikam, Indra Aitullah Sohibul (2019) Kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai upaya dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di TK Terpadu Nurur Rohmah Patrang Jember Tahun ajaran 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indra Aitullah Sohibul Hikam_084 143 064.pdf

Download (16MB)

Abstract

Gaya kepemimpinan otokratik, yaitu gaya kepemimpinan yang menggunakan kekuatan jabatan dan kekuatan pribadi secara otoriter , melakukan sendiri semua perencanaan tujuan dan pembuatan keputusan dan memotivasi bawahan dengan cara pendisiplinan , sanjungan, kesalahan dan penghargaan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini : 1) Bagaimana gaya kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai edukator dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di Tk Terpadu Nurur Rohmah tahun ajaran 2017-2018? 2) Bagaimana gaya kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai manajer dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di Tk Terpadu Nurur Rohmah tahun ajaran 2017- 2018? 3) Bagaimana gaya kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai leader dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di Tk Terpadu Nurur Rohmah tahun ajaran 2017- 2018? Tujuan dari penelitian ini : 1) Untuk mengatahui dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai edukator dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di Tk Terpadu Nurur Rohmah tahun ajaran 2017-2018. 2) Untuk mengatahui dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai manajer dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di Tk Terpadu Nurur Rohmah tahun ajaran 2017-2018. 3) Untuk mengatahui dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai leader dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di Tk Terpadu Nurur Rohmah tahun ajaran 2017-2018 Metode dalam penelitian ini adalah penenliian kuaitatif dengan menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi sistematis dan partisipasi pasif. Wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) Kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai edukator dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di Tk Terpadu Nurur Rohmah yakni dengan pembinaan kedisiplinan guru dan pembinaan kemampuan profesional guru. 2) Kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai manajer dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di Tk Terpadu Nurur Rohmah dengan meningkatkan motivasi kinerja guru yaitu dengan menjadi pusat pemberian informasi , Kemudian memberikan sarana dan prasarana guna untuk memenuhi proses kegiatan belajar mengajar dan melakukam kerja tim antar kepala sekolah dengan guru dengan cara program yang di buat yaitu Di antaranya; kegiatan seminar, kegiatan presentasi selama seminggu dua kali, agar pembelajran di tk tersebut lebih bervariasi. 3) Kepemimpinan otokratik kepala sekolah sebagai leader dalam menumbuhkan motivasi kinerja guru di Tk Terpadu Nurur Rohmah Kepala sekolah melakukan dorongan kepada guru guru guna untuk mewujudkan visi misi sekolah seperti meningkatkan kreatifitas siswa, membiasakan anak anak dengan kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan, melakukan pembinaan kegiatan kemampuan dasar guna agar peserta didik lebih mandiri, serta berusaha untuk memberikan pengarahan tentang arti dan pentingnya disiplin guru tidak lupa dengan pemberian motivasi intristik dan entrisstik contoh pemberian punishment (teguran) dan reward (hadiah)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:50
Last Modified: 02 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19424

Actions (login required)

View Item View Item