Pengembangan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Organisasi Santriwati di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018.

Laili, Kholifatul (2017) Pengembangan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Organisasi Santriwati di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kholifatul Laili_084 131 318.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam mempersiapkan generasi muda agar memiliki kualitas diri di masa depan agar terwujud sesuai dengan tujuan pendidikan. Dalam pondok pesantren santri saling berinteraksi karena mereka senantiasa saling membutuhkan, untuk itu santri diharapkan memiliki keterampilan dalam berinteraksi dengan satu sama lain terutama keterampilan sosial. Keterampilan sosial sangat penting untuk dimiliki setiap individu agar santri mampu berprilaku sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sosial agar terjalin hubungan yang baik. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk pengembangan kecakapan berkomunikasi melalui kegiatan organisasi santriwati di pondok pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018? 2) Bagaimana bentuk pengembangan kecakapan bekerjasama melalui kegiatan organisasi santriwati di pondok pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018? 3) Bagaimana bentuk pengembangan keterampilan mengontrol diri dan orang lain melalui kegiatan organisasi santriwati di pondok pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018? Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan bentuk pengembangan kecakapan berkomunikasi melalui kegiatan organisasi santriwati di pondok pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018, 2) Mendeskripsikan bentuk pengembangan kecakapan bekerjasama melalui kegiatan organisasi santriwati di pondok pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018, 3) Mendeskripsikan bentuk pengembangan keterampilan mengontrol diri dan orang lain melalui kegiatan organisasi santriwati di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Maesan Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field reseach, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Bentuk pengembangan kecakapan berkomunikasi melalui kegiatan organisasi santriwati dilakukan dengan kegiatan muhadharah (pidato) bahasa Arab, Inggris dan Indonesia, mufrodat (kosakata) bahasa Arab dan Inggris, muhadatsah (percakapan) bahasa Arab dan Inggris, watching (menonton) film pendek bahasa Arab dan Inggris, listening (mendengarkan) audio bahasa Arab dan Inggris dan majalah dinding; 2) Bentuk pengembangan kecakapan bekerjasama melalui kegiatan organisasi santriwati dilakukan dengan kegiatan basatin (berkebun), kerja bakti, club kaligrafi atau letter dan melukis; 3) Bentuk pengembangan keterampilan mengontrol diri dan orang lain melalui kegiatan organisasi santriwati dilakukan dengan kegiatan salat berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:51
Last Modified: 02 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19427

Actions (login required)

View Item View Item