Margareta, Lita (2017) Regulasi Diri Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Lita Margareta_084 131 108.pdf Download (20MB) |
Abstract
Regulasi diri (self regulation) adalah kapasitas internal seseorang untuk dapat mengarahkan perilaku, afeksi dan atensinya untuk memunculkan respon yang sesuai dengan tuntutan dari dalam dirinya dan lingkungan, menggunakan berbagai strategi dalam rangka mencapai tujuan. Upaya pencapaian tujuan ini dilakukan secara terumenerusoleh individu melalui beberapa proses penilaian yang berulang. Untuk memudahkan proses penelitian ini, maka peneliti membuat beberapa fokus penelitian, yaitu: 1) Bagaimana regulasi diri intrapersonal mahasiswa penghafal AlQur’an Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017?. 2) Bagaimana regulasi diri interpersonal mahasiswa penghafal Al-Qur’an Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017?. 3) Bagaimana regulasi diri metapersonal mahasiswa penghafal Al-Qur’an Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan regulasi diri intrapersonal mahasiswa penghafal Al-Qur’an Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan regulasi diri interpersonal mahasiswa penghafal Al-Qur’an Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan regulasi diri metapersonal mahasiswa penghafal Al-Qur’an Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Regulasi diri intrapersonal mahasiswa penghafal Al-Qur’an dalam hal pemeliharaan tujuan diantaranya adalah melakukan muroja’ah apabila ada waktu kosong dan memiliki jadwal menambah hafalan baru yang teratur. Kemudian motivasi yang didapatkan oleh mahasiswa pengahafal Al-Qur’an bersumber dari motivasi atas keyakinan akan janji Allah, motivasi yang muncul dari dalam dirinya dan motivasi dari dari orang tua dan temannya. Dalam hal yang mempengaruhi perasaan dari mahasiswa penghafal Al-Qur’an adalah sulit berkonsentrasi karena banyak fikiran, kantuk dan hambatan dari lawan jenis. Namun hambatan tersebut bisa diatasi dengan menguatkan tekad yang kuat sehingga semua hambatan yang datang dapat teratasi dengan baik. 2) Regulasi diri interpersonal mahasiswa penghafal Al-Qur’an diantaranya adalah hubungan dengan teman atau lawan jenis berjalan dengan baik. Kemudian mahasiswa penghafal Al-Qur’an telah mendapatkan restu dari keluarga, terutama orang tua. Sedangkan, hubungan dengan pembimbing hafalan berjalan dengan baik sehingga muncullah manfaat yang baik. 3) Regulasi diri metapersonal mahasiswa penghafal Al-Qur’an yang diantaranya adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan berusaha melakukan puasa sunnah senin dan kamis, mengerjakan sholat-sholat sunnah seperti sholat sunnah dhuha, sholat rawatib dan sholat tahajud.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 08:51 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 08:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19432 |
Actions (login required)
View Item |