Peran Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Dalam Mengembangkan Pendidikan Islam Pada Jamaah Di Tanggul Kabupaten Jember

Lucy, Imaniar (2017) Peran Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Dalam Mengembangkan Pendidikan Islam Pada Jamaah Di Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lucy Imaniar_084 131 132.pdf

Download (1MB)

Abstract

LDII ini merupakan suatu lembaga organisasi Islam yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Mengingat bahwa pendidikan Islam itu bagi kehidupan manusia sangatlah penting, mulai dari kecil hingga orang tua. Namun disisi lain muncul kesan bahwa organisasi LDII ini dalam mengembangkan pendidikan Islam sangat eksklusif, padahal penilaian negatif tidak selamanya benar manakala LDII dipahami secara utuh dan benar. Oleh karena itu keberadaan organisasi Islam LDII ini dalam mengembangkan pendidikan Islam untuk jamaah mempunyai peran yang positif dalam mendidik para jamaahnya. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) bagaimana peran lembaga dakwah Islam Indonesia (LDII) dalam mengembangkan pembinaan pendidikan Islam pada jamaah di Tanggul kabupaten Jember? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat lembaga dakwah Islam Indonesia (LDII) dalam mengembangkan pembinaan pendidikan Islam pada jamaah di Tanggul kabupaten Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, penentuan subjek penelitian menggunakan informan diantaranya: ketua PC LDII Tanggul, pengurus PC LDII Tanggul, serta guru-guru yang mengajar disana. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Hubermen yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Dalam keabsaahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa (1) peran LDII dalam mengembangkan pembinaan pendidikan Islam pada jamaah di Tanggul kabupaten Jember yaitu dengan cara menyelenggarakan program pembinaan pendidikan Islam yaitu program pembinaan generus (PPG) yang dilaksanakan setiap harinya sesuai dengan tingkat jenjang masing-masing para jamaah LDII yang mana materi yang diajarkan menyangkut 3 aspek yaitu aqidah, ibadah dan akhlaq yang berpedoman pada Al-Qur’an dan hadist dengan menggunakan metode pengajian tradisional. (2) Faktor pendukung dan penghambat LDII dalam mengembangkan pembinaan pendidikan Islam pada jamaah di Tanggul yaitu untuk faktor pendukung dilihat dari dukungan semua pihak baik dukungan dari orang tua, ketua, pengurus, masyarakat dan guru-guru yang mengajar disana. Sedangkan untuk faktor penghambat dilihat dari kemampuan berfikir setiap individu yang berbeda beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:51
Last Modified: 02 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19433

Actions (login required)

View Item View Item