Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kulitan Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Rahman, M. Ized Holilur (2019) Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kulitan Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Ized Holilur Rahman_T20153018.pdf

Download (6MB)

Abstract

Setiap peserta didik memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memperoleh akses belajar dan pendidikan yang layak demi meraih cita-cita dan masa depannya kelak, maka dengan hal ini guru menjadi figur teladan, tonggak keberhasilan, serta barometer kesuksesan pendidikan. Adanya guru bimbingan dan konseling di madrasah memiliki peran yang sangat vital sesuai dengan kompetensi, fungsi dan kapasitanya terkait dengan penanganan kesulitan belajar yang dialami peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. 3) Bagaimana evaluasai bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi jenis partisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi terstruktur, dan studi dokumenter. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi condensation, data display, dan conclusion drawing/verivications. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian, yaitu: 1) Strategi manajemen bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember yaitu melaksanaan fungsi dari manajemen bimbingan dan konseling, sebagai berikut perencanaan bimbingan dan konseling, pelaksanaan bimbingan dan konseling dan evaluasi bimbingan dan konseling. 2) Implikasi manajemen bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember merupakan hasil yang diperoleh dari melaksanakan fungsi manajeman bimbingan dan konseling, sebagai berikut: a) Dalam perencanaan bimbingan dan konseling sudah berjalan sesuai yang direncanakan karena dalam kegiatan perencanaan bimbingan dan konseling adanya kerjama dengan seluruh stakeholder madrasah, tapi masih ada beberapa kendala dalam kegiatan perencaan bimbingan dan konseling, yaitu kurangnya guru bimbingan dan konseling, jam mengajar yang hanya satu jam dalam seminggu, latar belakang digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix pendidikan guru bimbingan dan konseling yang tidak sesuai dengan bidang bimbingan dan konseling, ruang konseling yang tidak difungsikan dengan baik. b) Pelaksanaan program bimbingan dan konseling sudah difungsikan dengan baik, terdapat empat fungsi dalam bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember yaitu bimbingan pribadi, bimbingan sosial,bimbingan karir,bimbingan belajar. Terlihat ketika ada peserta didik yang mengalami masalah dalam belajarnya, guru bimbingan dan konseling memfungsikan layanan tersebut. c) Evaluasi bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember dilaksanaknan sesuai yang ditentukan. Terdapat dua evalauai bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember, yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:51
Last Modified: 02 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19434

Actions (login required)

View Item View Item