Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Kitab Fathul Muin di Pondok Pesantren Darul Hikam Tahun Pejaran 2016/2017

Birroh, Maftuhatul (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Kitab Fathul Muin di Pondok Pesantren Darul Hikam Tahun Pejaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maftuhatul Birroh_084131454.pdf

Download (31MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kitabdan hasil Belajar Didalam proses pendidikan terdapat proses belajar mengajar. Pada proses belajar mengajar, sudah tentu harus berkembang. Proses belajar mengajar dapat berkembang apabila didukung dengan aktivitas belajar siswa. Aktifitas belaja rsiswa sangat diperlukan dalam berfikir maupun bertindak.Disebabkan penerimaan pelajaran jika dengan aktifitas belajar siswa sendiri tidak akan berlalu begitu saja, tetapi difikirkan dan diolah dalam bentuk pertanyaan serta mengajukan pendapat dan bahkan menimbulkan diskusi dengan guru. Salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa yaitu motivasi belajar.Namun demikian motivasi belajar bukan merupakan variabel tunggal yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran dengan hasil belajar santri Pondok Pesantren Darul Hikam?, (2) Apakah ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar santri Pondok Pesantren Darul Hikam?, (3) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar santri Pondok Pesantren Darul Hikam? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil santri PondokP esantren Darul Hikam, (2) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar santri Pondok Pesantren Darul Hikam, (3) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh metode pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar santri Pondok Pesantren Darul Hikam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitiannya menggunakan Survey lapangan. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh santri Pondok Pesantren Darul Hikam yang berjumlah 50 santri.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda dengan rumus: Y=a+b1X1+b2X2 Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) tidak ada pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar kitab Fathul Muin di Pondok Pesantren Darul Hikam tahun pelajaran 2016/2017, (2) tidak ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar kitab Fathul Muin di Pondok Pesantren Darul Hikam tahun pelajaran 2016/2017, (3) tidak ada pengaruh metode pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar kitab Fathul Muin di Pondok Pesantren Darul Hikam tahun pelajaran 2016/2017, kesimpulan tersebut terbentuk karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran kitab fathul muin, seperti faktor minat, fasilitas dan kondisi fisik santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:51
Last Modified: 02 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19436

Actions (login required)

View Item View Item