Pengaruh Penerapan Strategi Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data Kelas VII SMP Negeri 9 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Ulfa, Maria (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data Kelas VII SMP Negeri 9 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maria Ulfa_T20157028.pdf

Download (6MB)

Abstract

Strategi pembelajaran problem based learning (PBL) merupakan strategi pembelajaran berbasis masalah yang mengedepankan masalah dunia nyata sebagai pijakan bagi peserta didik untuk belajar tentang keterampilan pemecahan masalah. Tujuan akhir pembelajaran adalah menghasilkan siswa yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memecahkan masalah yang dihadapi kelak di masyarakat. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PBL di SMP Negeri 9 Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019; 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 9 Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019; 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data di kelas VII SMP Negeri 9 Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental Design dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Jember yang berjumlah siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunkan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji Z. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Jember yang dibelajarkan dengan pembelajaran strategi PBL pretest memiliki rata-rata dan posttest sebesar . 2) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pretest memiliki nilai rata-rata dan posttest sebesar . 3) Hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Jember yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PBL pada materi penyajian data lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil analisis statistik inferensial dengan uji Z diperoleh bahwa pretest tidak terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan awal sama. Sedangkan pada posttest terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan oleh hasil uji Z pada taraf signifikan diperoleh dengan Sig. (2-tailed) . Dari hasil pengujian yang diperoleh maka ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas VII SMP Negeri 9 Jember. Kata Kunci: strategi PBL, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:51
Last Modified: 02 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19438

Actions (login required)

View Item View Item