Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pemahaman Konsep Sistem Reproduksi Pada Manusia Kelas IX SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2019/2020

Anisa, Mufti (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pemahaman Konsep Sistem Reproduksi Pada Manusia Kelas IX SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mufti Anisa_T201510025.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di jenjang Sekolah Menengah Pertama, mempelajari IPA tidak hanya sekedar menghafal, tetapi juga harus memahami konsep-konsep materi pelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi keaktifan peserta didik di dalam kelas masih rendah, peserta didik kurang serius dalam proses pembelajaran sehingga seringkali mengalami kesulitan dalam memahami konsep yang dipelajari pada suatu materi. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan pendidik hanya menrapkan langkah-langkah pendekatan Saintifik 5M saja. Kurangnya pemahaman konsep pada materi reproduksi pada manusia kemungkinan disebabkan karena peserta didik kurang serius dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas dan diduga peserta didik merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Untuk mendukung hal tersebut guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan permasalahan yang ditemukan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh penerapan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman konsep pada materi Sistem Reproduksi pada Manusia kelas IX SMPN 1 Rambipuji Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman konsep pada materi Sistem Reproduksi pada Manusia kelas IX SMPN 1 Rambipuji Tahun Ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Penentuan sampel menggunakan teknik pourposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan rumus independent sample T-test di SPSS 22.00. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian di SMP Negeri 1 Rambipuji menunjukkan bahwa: ada pengaruh pemahaman konsep antara peserta didik menggunakan model pembelajaran NHT dan Saintifik 5M dengan hasil uji independent sample T-test pada posttest diperoleh signifikansi 0,030 kurang dari taraf signifikansi (α)= 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:51
Last Modified: 02 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item View Item