Model Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur siswa di SMK Nurul Ma’rifah Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Zakiyah, Mufti (2017) Model Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur siswa di SMK Nurul Ma’rifah Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mufti Zakiyah_084 121 109.pdf

Download (22MB)

Abstract

Semakin maju suatu negara semakin banyak orang yang terdidik, dan banyak pula orang yang menganggur, maka semakin dirasakan pentingnya dunia wirausaha. Pendidikan yang memiliki atmosfer Entrepreneurship akan memunculkan peluang hidup yang lebih baik bagi para lulusanya. SMK Nurul Ma’rifah merupakan salah satu sekolah yang berbasis Entrepreneurship. Dimana didalamnya memiliki kompetensi keahlian Tata Boga yang memberikan keterampilan kepada peserta didik dibidang pengolahan, penyajian, dan pelayanan makanan dan minuman. Serta menyiapkan peserta didik untuk menjadi Entrepreneur di bidang usaha penyediaan makanan. Fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana kurikulum pendidikan entrepreneurship di SMK Nurul Ma’rifah Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan entrepreneurship dalam membentuk karakter entrepreneur siswa SMK Nurul Ma’rifah Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 Tujuan penelitian yaitu: 1). Mendeskripsikan kurikulum pendidikan entrepreneurship di SMK Nurul Ma’rifah Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 2). Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan entrepreneurship dalam membentuk karakter entrepreneur siswa di SMK Nurul Ma’rifah Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini: 1) kurikulum pendidikan entrepreneurship di SMK Nurul Ma’rifah Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 ialah tujuan kurikulum tata boga yakni ingin mencetak peserta didik yang berkompeten dibidang pengolahan, penyajian dan pelayanan makanan dengan memberikan materi yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai melalui metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktek, serta penilaian yang dilakukan pada saat proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa. 2) Pelaksanaan pendidikan entrepreneurship dalam membentuk karakter entrepreneur siswa di SMK Nurul Ma’rifah Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 ialah dengan pembelajaran substansif yang dianggap cukup berhasil karena substansi materinya terkait langsung dengan nilai entrepreneur yakni PAI, PKN Dan kewirausahaaa. Sedangkan pembelajaran reflektif dianggap kurang berhasil karena pendidik harus mengintegrasikan nilainilai entrepreneur pada semua mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:52
Last Modified: 02 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19443

Actions (login required)

View Item View Item