Implementasi Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Religiositas Siswa Kelas X Di SMA Katolik Santo Paulus Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Muslimin, Muhammad (2017) Implementasi Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Religiositas Siswa Kelas X Di SMA Katolik Santo Paulus Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Muslimin_084 131 363.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: implementasi, pembelajaran aktif, pendidikan religiositas Latar belakang masalah ini didasari pada suatu kenyataan yaitu dimana pendidikan di Indonesia yang kualitas pembelajarannya masih rendah. Kondisi ini disebabkan karena pendidikan di Indonesia masih diwarnai oleh pendekatan yang menitikberatkan pada model pendidikan konvensional, sehingga kurang merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar mengajar. Pada perkembangannya sudah banyak sekolah yang menerapkan model pembelajaran aktif. Salah satunya adalah SMA Katolik Santo Paulus Jember yang mana dalam pendidikan agama diganti menjadi pendidikan religiusitas, karena di sekolah tersebut siswanya terdiri dari berbagai agama. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaaan, dan evaluasi model pembelajaran aktif ( active learning ) pada mata pelajaran pendidikan religiusitas siswa kelas X di SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun pelajaran 2016/2017? Adapun penelitian ini bertujuan untuk : mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi model pembelajaran aktif (active learning) pada mata pelajaran pendidikan religiusitas siswa kelas X di SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analisis dengan mengambil latar SMA Katolik Santo Paulus Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan model pembelajaran aktif ( active learning ) pada mata pelajaran pendidikan religiusitas siswa kelas X di SMA Katolik Santo Paulus Jember terdiri dari merumuskan tujuan, merencanakan materi pokok, merencanakan bahan dan alat/sumber belajar, merencanakan strategi dan metode pembelajaran. 2) pelaksanaan model pembelajaran aktif ( active learning ) pada mata pelajaran pendidikan religiusitas siswa kelas X di SMA Katolik Santo Paulus Jember terdiri dari memulai pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, penggunaan alat/media, strategi dan metode, mengakhiri kegiatan pembelajaran. 3) evaluasi model pembelajaran aktif ( active learning ) pada mata pelajaran pendidikan religiusitas siswa kelas X di SMA Katolik Santo Paulus Jember terdiri dari 2 jenis evaluasi, yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:46
Last Modified: 02 Mar 2023 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19446

Actions (login required)

View Item View Item