Implementasi Metode Pembelajaran Example Non Example Dalam Meningkatkan Daya Pikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Nurur Rohman Tegal Waru Mayang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Usman, Muhammad (2017) Implementasi Metode Pembelajaran Example Non Example Dalam Meningkatkan Daya Pikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Nurur Rohman Tegal Waru Mayang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Usman_084 131 310.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengangkatan tema ini dilatar belakangi dengan penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh para pendidik atau guru di sekolah, biasanya guru-guru di sekolah dalam penyampaian materinya mengguanakan metode klasikan (ceramah & tanya jawab). Dengan di terapkannya metode example non example pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VII MTs Nurur Rohman ini tentu mengajak siswa untuk ikut serta dan aktif dalam proses belajar pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut maka diangkatlah tema “Implementasi Metode Pembelajaran Example Non Example Dalam Meningkatkan Daya Pikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Nurur Rohman Tegal Waru Mayang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018” Fokus penelitian pada skripsi ini ada tiga yang disebutkan sebagai berikut. 1. Bagaimana perencanaan penerapan metode Example Non Example pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam dalam meningkatkan berpikir kritis siswa? 2. Bagaimana pelaksanaan penerapan metode Example non Example pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam dalam meningkatkan berpikir kritis siswa? 3. Bagaimana evaluasi penerapan metode Example non Example dalam meningkatkan daya pikir kritis siswa? Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah. 1. Untuk mendiskripsikan perencanaan metode pembelajaran Example Non Example dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam menigkatkan berpikir kritis siswa. 2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Example Non Example pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan berpikir kritis siswa. 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran metode Example Non Example dalam meningkatkan daya pikir kritis siswa. Metode penelitian pada skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam menentukan subyek penelitian, menggunakan teknik purposive. sedangkan metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari kepala sekolah, guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam staf dan peserta didik. Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu reduction data, data display, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data digunakan adalah trianggulasi sumber triangulasi waktu dan trianggulasi teknik. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurur Rohman, dalam penerapan metode sebelum melaksanakan proses pembelajaran guru membuat perencanaan yang mencangkup tujuan, media, metode, kegiatan pembelajaran dan sumber belajar. Dan juga dalam pelaksanaannya menggukan media visual berupa gambar. Untuk evaluasinya menggunakan tes formatif, diagnostig dan sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:52
Last Modified: 02 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19449

Actions (login required)

View Item View Item