Hasanah, Musrifatul (2017) Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Kepribadian Muslim di SMK Islam Darul Hidayah Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Musrifatul Hasanah_084 131 141.pdf Download (14MB) |
Abstract
Pembentukan kepribadian muslim perlu ditanamkan dalam diri setiap muslim dengan baik dan benar, mengingat di Indonesia banyak muncul suatu pemberitaan tentang perilaku remaja yang menyimpang yang tidak mencerminkan kepribadiannya seorang muslim. Pelecehan seksual, pecandu obat-obatan terlarang, miras dan lain sebagainya, hal itu membuktikan bahwa sudah rusaknya moral anak bangsa. Salah satu upaya lembaga pendidikan untuk membentuk siswa siswinya menjadi pribadi muslim yaitu dengan menerapkan kegiatan keagamaan dalam kegiatan sehari-harinya. Dengan tujuan agar siswa dapat terbiasa dengan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai keIslaman. Seperti di SMK Islam Darul Hidayah ini yang menerapkan kegiatan keagamaan rutin sholat dhuha berjamaah, peringatan hari besar Islam dan lain sebagainya. Berdasarkan fenomena tersebut maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk kepribadian muslim berupa akhlak kepada Allah di SMK Islam Darul Hidayah Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember? 2) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk kepribadian muslim berupa akhlak pada diri sendiri di SMK Islam Darul Hidayah Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember? Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk menggambarkan implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk kepribadian muslim berupa akhlak kepada Allah di SMK Islam Darul Hidayah Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. 2) untuk menggambarkan implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk kepribadian muslim berupa akhlak pada diri sendiri di SMK Islam Darul Hidayah Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan sumber data pada penelitian ini dilakukan secara purposive, yaitu ditentukan dengan menyesuaikan pada tujuan penelitian atau tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Implementasi kegiatan keagamaan untuk meningkatkan ketaqwaan siswa kepada Allah yaitu dengan menerapkan ibadah shalat. 2) Implementasi kegiatan keagamaan untuk mebiasakan diri bersikap jujur, amanah dsb yaitu dengan pembiasaan kegiatan shalat dan diterapkan senyum,salam,sapa agar siswa terbiasa tawaddu’ pada orang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 08:52 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 08:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19450 |
Actions (login required)
View Item |