Pembinaan Akhlak Siswa Melalui’Bengkel Iman’ Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Religius Pada Siswa di SMA Negeri 1 Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018

Kholidah, Noer Diana (2017) Pembinaan Akhlak Siswa Melalui’Bengkel Iman’ Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Religius Pada Siswa di SMA Negeri 1 Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Noer Diana Kholidah_084 131 020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan sering sekali kita temui beberapa bentuk penyimpangan tentang akhlak. Baik itu bentuk pelanggaran akhlak terhadap tuhan ataupun akhlak terhadap sesama. Sehingga lembaga pendidikanpun kerap kali dituntut untuk selalu berinovasi dalam hal program dan metode pembentukan akhlak. Begitupun yang kini dilakukan oleh SMAN 1 Besuki yang memiliki program bengkel iman sebagai program pembinaan akhlak siswanya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak melalui ‘bengkel iman’sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa pada nilai ilahiyah (hablum minallah) di SMA 1 Negeri Besuki Situbondo tahun ajaran 2017/2018? 2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak melalui ‘bengkel iman’sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa pada nilai insaniyah (hablum minan nas) di SMA 1 Negeri Besuki Situbondo tahun ajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan akhlak melalui ‘bengkel iman’sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa pada nilai ilahiyah (hablum minallah) di SMA 1 Negeri Besuki Situbondo tahun ajaran 2017/2018, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan akhlak melalui ‘bengkel iman’sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa pada nilai insaniyah (hablum minannas) di SMA 1 Negeri Besuki Situbondo tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Metode analisis data secara interaktif, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: 1) pembinaan akhlak melalui ‘bengkel iman’sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa pada nilai ilahiyah (hablum minallah) dilaksanakan melalui beberapa kegiatan. (a) kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya preventif adalah apel pagi, shalat dhuha berjamaah, dzikir pagi, pembiasaan mengaji dan juga shalat dhuhur berjamaah (seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan oleh seluruh siswa dan dewan guru) (b) kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya kuratif adalah shalat berjamaah lima waktu, pemberian motivasi yang lebih intens baik diberikan oleh guru langsung ataupun menggunakan media audio atau video, dan shalat tahajjud berjamaah 2) pembinaan akhlak melalui ‘bengkel iman’sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa pada nilai insaniyah (hablum minannas) dilaksanakan melalui beberapa kegiatan. (a) kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya preventif adalah adanya tata tertib dan aturan sekolah yang harus dipatuhi oleh seluruh siswa. (b) kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya kuratif adalah adanya hukuman kecil dan permainan yang bersifat teamwork, menghafal hadits budi pekerti luhur, dan hypnotherapy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:52
Last Modified: 02 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19454

Actions (login required)

View Item View Item