Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Kelurahan Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

Hidayana, Nur Dwi (2017) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Kelurahan Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Dwi Hidayana_084 134 004.pdf

Download (5MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, pendidikan di Indonesia semakin mengahadapi tantangan yang bersifat global. Tantangan tersebut memerlukan bantuan dari usahanya guru untuk dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa selain semangat siswa itu sendiri dalam memicu kemauannya berprestasi. MI Sunan Ampel merupakan madrasah yang memperhatikan kemajuan siswanya dalam berprestasi. Motivasi berprestasi yang dimaksud bukan dorongan siswanya untuk memenangkan kompetisi dengan madrasah yang lain melainkan meningkatnya semangat untuk memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab agar siap berada dalam situasi dan kondisi apapun. Bantuan dari guru dalam tugasnya sebagai pendidik, pengajar dan pelatih mampu bekerjasama dengan siswa dalam membantu satu sama lainnya sehingga siswa dapat meningkatkan motivasi berprestasinya. Dari uraian di atas terdapat tiga fokus penelitian, yaitu (1) bagaimana upaya guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Kelurahan Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?, (2) bagaimana upaya guru sebagai pengajar dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Kelurahan Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?, (3) bagaimana upaya guru sebagai pelatih dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Kelurahan Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan upaya guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Kelurahan Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, (2) mendeskripsikan upaya guru sebagai pengajar dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Kelurahan Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, (3) mendeskripsikan upaya guru sebagai pelatih dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Kelurahan Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa dilakukan melalui; bersikap tanggung jawab dalam aktivitasnya dengan mematuhi aturan madrasah, digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x menyelesaikan masalah yang timbul pada siswa dengan cepat dan penuh kedewasaan tanpa membiarkannya berlarut-larut, menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran dengan suara yang lantang agar dapat mengkondusifkan suasana kelas yang gaduh, guru menjalankan profesinya dengan sepenuh hati dalam mewujudkan siswa yang berprestasi, (2) guru sebagai pengajar dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa dilakukan melalui; pembuatan RPP yang dijadikan sebagai acuan dalam pembelajaran, pada pelaksanaan pembelajaran tidak dapat berjalan sepenuhnya karena kesibukan guru dalam menjelang detikdetik ujian nasional dan akreditasi madrasah, guru tetap mengajak siswa agar mempelajari bahan pelajaran lebih lanjut walaupun tanpa mendapat pengawasan dari guru secara penuh, (3) guru sebagai pelatih dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa dilakukan melalui; pemberian tugas/PR, menjalin komunikasi dengan wali murid, mengasah kemampuan siswa dengan mengarahkannya kepada bidang yang sesuai kemampuannya itu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:52
Last Modified: 02 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19456

Actions (login required)

View Item View Item