Pengembangan Ranah Afektif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Hadi Wijaya Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018

Aszharo, Nur Fatimah (2017) Pengembangan Ranah Afektif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Hadi Wijaya Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Fatimah Aszahro_084131040.pdf

Download (5MB)

Abstract

Secara garis besar tujuan Pendidikan Agama Islam dibagi kedalam tiga ranah atau aspek, yaitu ranah kognitif yang meliputi kemampuan menghafal, memahami, menerapkan, menganalisa dan mengevaluasi. Ranah psikomotorik yaitu keterampilan yang berkaitan dengan gerak menggunakan otot seperti lari, menari, berbicara dan sebagainya. Ranah afektif berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat membentuk tanggung jawab, kerja sama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain dan kemampuan mengendalikan diri. Fokus penelitian dalam skripsi ini meneliti mengkaji 3 pembahasan yaitu : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran yang diterapkan dalam pengembangan ranah afektif peserta didik untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Hadi Wijaya Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018?(2) Bagaimana upaya pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan ranah afektif peserta didik di SMP Hadi Wijaya Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018? (3)Bagaimana evaluasi pembelajaran dalam pengembangan ranah afektif peserta didik untuk pembelajaran PAI di SMP Hadi Wijaya Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu jenis penelitian field research. Lokasi penelitian ini di SMP Hadi Wijaya Genteng Banyuwangi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan Pembelajaran yang diterapkan dalam pengembangan ranah afektif peserta didik untuk pembelajaran PAI yaitu cara guru mengembangkan silabus dan RPP yang sesuai dengan materi pembelajaran PAI. Memberi metode pembiasaan dan pengamalan dalam kegiatan keagamaan di sekolah, serta mengetahui latar belakang peserta didiknya, (2) Upaya pendidik dalam Pelaksanaan Pembelajaran PAI untuk mengembangkan ranah afektif peserta didik yaitu bekerja dengan mendemonstrasikan, dan diskusi antar siswa/antara siswa dengan guru, menerima dan menanggapi materi yang disampaikan oleh guru, (3) Evaluasi Pembelajaran dalam pengembangan ranah afektif peserta didik untuk pembelajaran PAI yaitu Mengevaluasi peserta didik menggunakan teknik evaluasi yang beragam, tidak hanya mengevaluasi peserta didik dari tugas dalam bentuk tertulis, namun juga menilai dari kebiasaan sikap dan perilaku siswa di luar jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:52
Last Modified: 02 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19457

Actions (login required)

View Item View Item