Strategi Hubungan Masyarakat dalam Menjalin Kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Islam Antirogo Jember.

Naimah, Nur (2019) Strategi Hubungan Masyarakat dalam Menjalin Kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Islam Antirogo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Naimah_T20153049.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Kejuruan adalah pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Lembaga pendidikan terutama Sekolah Menengah Kejuruan harus melakukan kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri untuk menyalurkan tamatan siswanya. Kerjasama sekolah dengan dunia usaha atau dunia industri termasuk dalam faktor yang mempengaruhi mutu lulusan SMK sehingga penting adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan dunia usaha atau dunia industri. Untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara sekolah dan dunia usaha/dunia industri, sekolah perlu menggunakan strategi hubungan masyarakat yang baik. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi publikasi humas dalam menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri di SMK Nurul Islam Jember? 2) Bagaimana strategi membangun hubungan dengan khalayak dalam menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri di SMK Nurul Islam Jember? 3) Bagaimana strategi negosiasi humas dalam menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri di SMK Nurul Islam Jember? Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan publikasi humas dalam menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri di SMK Nurul Islam Jember. 2) Untuk mendeskripsikan strategi membangun hubungan dengan khalayak dalam menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri di SMK Nurul Islam Jember. 3) Untuk mendeskripsikan strategi negosiasi humas dalam menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri di SMK Nurul Islam Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi publikasi humas dalam menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri di SMK Nuris Jember yaitu melalui media cetak dan daring. Publikasi melalui media cetak dilakukan melalui pembuatan banner sekolah, stiker, kalender, buletin, dan radar jember. Sedangkan publikasi melalui media daring dilakukan melalui website sekolah dan facebook.2) Strategi humas membangun hubungan dengan khalayak dalam menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri di SMK Nuris Jember dilakukan melalui hubungan sekolah dengan orang tua siswa, hubungan sekolah dengan alumni dan hubungan sekolah dengan dunia usaha/dunia industri. 3) Strategi negosiasi humas dalam menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri dilakukan melalui negosiasi jangka pendek dan negosiasi jangka panjang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150306 Industrial Relations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:53
Last Modified: 02 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19459

Actions (login required)

View Item View Item