Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Gratis Di SMPI Bustanul Ulum Pakusari Tahun Pelajaran 2018-2019.

A'yun, Qurrota (2019) Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Gratis Di SMPI Bustanul Ulum Pakusari Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qurrota A’yun_T20153028.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai leader adalah suatu usaha untuk menggerakkan orang-orang yang ada dalam organisasi pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kemampuan kepala sekolah sebagai Leader akan semakin diuji dengan maraknya pendidikan gratis khusunya di Kabupaten Jember ini. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan di sekolah harus mempunyai konsep bagaimana merekayasa masa depan untuk menciptakan pendidikan yang produktif, bisa menjadi agen pembaharuan, mampu menampilkan kekuatan, pengetahuan berdasarkan pengalaman dan pendidikanya yang di dukung oleh ciri khas budaya kerja dalam mencapai tujan yang telah ditetapkan berdasarkan visi dan misinya. Dari sinilah penulis mencoba mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai leader dalam pelaksanaan program pendidikan gratis di SMPI Bustanul Ulum Pakusari. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Peran Kepala Sekolah sebagai leader dalam merencanakan program pendidikan gratis di SMPI Bustanul Ulum ? 2) Bagaimana Peran Kepala Sekolah sebagai leader dalam melaksanakan program pendidikan gratis di SMPI Bustanul Ulum? 3) Bagaimana Peran Kepala Sekolah sebagai leader dalam mengevaluasi program pendidikan gratis di SMPI Bustanul Ulum?. Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program pendidikan gratis di SMPI Bustanul Ulum. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pendidikan gratis di SMPI Bustanul Ulum. 3) Untuk mendeskripsikan pengevaluasian program pendidikan gratis di SMPI Bustanul Ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) fenomenology, dengan subjek penelitian purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dikemukakan kesimpulan sebagai berikut: 1) dalam merencanakan program pendidikan gratis di SMPI Bustanul Ulum , bahwasanya kepala sekolah untuk melaksanakan tugas sesuai visi dan misi sehingga tujuan dapat tercapai dengan optimal. 2) dalam pelaksanaan program pendidikan gratis di SMPI Bustanul Ulum pelaksanaan program pendidikan gratis ini merupakan penyelenggaraan pendidikan yang tidak memungut dana dari orang tua. 3) dalam evaluasi tahapan evaluasi menurut kepala SMPI Bustanul Ulum secara ringkas penulis rangkai yaitu, tahap perencanaan, sasaran program, pelaksanaan evaluasi dan yang terakhir yaitu pelaporan hasil program evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:53
Last Modified: 02 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19462

Actions (login required)

View Item View Item