Penerapan Metode Hafalan pada Pembelajaran AlQur’an Juz 30 di Madrasah Diniyah (Madin) Al-Adnany Desa Grenden Kecamatan Puger Tahun 2016/2017

Indriani, Ribut Nila (2017) Penerapan Metode Hafalan pada Pembelajaran AlQur’an Juz 30 di Madrasah Diniyah (Madin) Al-Adnany Desa Grenden Kecamatan Puger Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ribut Nila Indriani_084 121 026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menghafal berarti berusaha mempelajari sesuatu agar masuk ke dalam ingatan supaya hafal sehingga dapat mengucapkan diluar kepala dengan ingatannya. Menghafal harus dibarengi dengan penerapannya yang sesuai. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1.Bagaimana penerapan metode hafalan bin nazhr pada pembelajaran al-Qur’an (juz 30) di Madrasah Diniyah (Madin) Al-Adnany Desa Grenden Kecamatan Puger Tahun 2016/2017? 2.Bagaimana penerapan metode hafalan tahfzh pada pembelajaran al-Qur’an (juz 30) di Madrasah Diniyah (Madin) Al-Adnany Desa Grenden Kecamatan Puger Tahun 2016/2017? 3.Bagaimana penerapan metode hafalan tallaqi pada pembelajaran al-Qur’an (juz 30) di Madrasah Diniyah (Madin) Al-Adnany Desa Grenden Kecamatan Puger Tahun 2016/2017? 4.Bagaimanakah penerapan metode hafalan tasmi pada pembelajaran al-Qur’an (juz 30) di Madrasah Diniyah (Madin) Al-Adnany Desa Grenden Kecamatan Puger Tahun 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtiatif dengan jenis penelitian lapangan (field reserch), sedangkan penentuan subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1. Penerapan metode bin-nazhar pada pembelajaran Al-Qur’an (juz 30) Madrasah Diniyah (Madin) Al-Adnany Desa Grenden Kecamatan Puger tahun 2016/2017 dengan cara santri diharuskan membaca ayat, membaca arti dan memahami isi kandungan sendiri, selanjutnya santri diberikan perintah untuk membaca dengan keras. 2. Penerapan metode tahfizh pada pembelajaran Al-Qur’an (juz 30) Madrasah Diniyah (Madin) AlAdnany Desa Grenden Kecamatan Puger Tahun 2016/2017 dengan cara ustad memberikan perintah kepada santri untuk membaca dengan suara keras dan kemudian ustadz mulai membaca kata perkata, ayat perayat dan ditirukan oleh santri. Jika santri mulai memahami, ustadz mulai menyambungkan ayat satu dengan ayat selanjutnya. 3. Penerapan metode talaqqi pada pembelajaran AlQur’an (juz 30) Madrasah Diniyah (Madin) Al-Adnany Desa Grenden Kecamatan Puger Tahun 2016/2017 dengan cara ustad memberikan waktu kepada para santri untuk menghafalkan materi yang telah dipelajari bersama selama kurang lebih 30 menit, kemudian para santri diwajibkan melakakukan setoran kepada para ustad. 4. Penerapan metode tasmi’ pada pembelajaran Al-Qur’an (juz 30) Madrasah Diniyah (Madin) Al-Adnany Desa Grenden Kecamatan Puger Tahun 2016/2017 yaitu santri diharuskan membaca hafalan mereka didepan para santri yang hadir dan diperdengarkan kepada semua masyarakat melalui pengeras suara. Metode ini diterapkan pada program didikan subuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:53
Last Modified: 02 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19464

Actions (login required)

View Item View Item