pembelajaran Kitab Akhlakul Banat di Madrasah Diniyah Putri Darul Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo

Qomariyah, Risqi Winda (2017) pembelajaran Kitab Akhlakul Banat di Madrasah Diniyah Putri Darul Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risqi Winda Qomariyah_084 131 283.pdf

Download (25MB)

Abstract

Dalam hal ini pondok pesantren Darul Lughah Wal Karomah menggunakan kitab Akhlqul Banat dalam proses pembelajaran Akhlak dalam pembinaan karakter dan akhlak para santri melalui wadah lembaga Madrasah Diniyah, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di madrasah diniyah Darul Lughah Wal Karomah di laksanakan tiga kali dalam satu hari, di pagi hari khusus kajian nahwu dan shorrof pada siang hari dan malam hari berbagai macam mata pelajaran seperti kajian Fiqih, tafsir, hadist, akhlak dan lain sebagainya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Kitab Akhlakul Banat di Madrasah Diniyah Putri Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo?, (2) Bagaimana perencanaan pembelajaran Kitab Akhlakul Banat di Madrasah Diniyah Putri Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo, 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran Kitab Akhlakul Banat di Madrasah Diniyah Putri Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Kitab Akhlakul Banat di Madrasah Diniyah Putri Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo, ( 2) pelaksanaan pembelajaran Kitab Akhlakul Banat di Madrasah Diniyah Putri Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo, (3) Evaluasi pembelajaran Kitab Akhlakul Banat di Madrasah Diniyah Putri Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Metode analisis data secara interaktif, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: 1) perencanaan pembelajaran Akhlak melaui kitab akhlakul banat di madrasah diniyah darul lughah adalah berupa tujuan, media, dan metode 2) pelaksanaan pembelajaran akhlak melalui kitab akhlakul banat di madarasah di niyah darul lughah wal karomah yaitu meliputi tiga hal, apresiasi, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 3) evaluasi pembelajaran akhlak melalui kitab akhlakul banat di pondok pesantren darul lughah wal karomah meliputi dua tahap yang pertama yaitu para asatidz melaksanaan perencanaan evaluasi dengan mengadakan rapat. Dan yang ke dua pelaksanaan evaluasi melalui tes tulis atau tes lisan dan evaluasi akan di laksanakan dua kali dalam satu tahun, yaitu nisfu sanah dan akhir sanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:53
Last Modified: 02 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19466

Actions (login required)

View Item View Item