Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Pembentukan Sikap Religius Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso

Astutik, Rizki Amalia Yuli (2017) Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Pembentukan Sikap Religius Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizki Amalfia Yuli Astutik_084 131 145.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kemerosotan akhlak yang terjadi saat ini khususnya pada siswa SMA Negeri 1 Tapen menyebabkan pentingnya kegiatan keagamaan untuk diterapkan sebagai upaya membentuk sikap religius peserta didik. Penerapan kegiatan keagamaan di sekolah bertujuan agar dapat merealisasikan atau mempraktekkan setiap ajaran agamanya atas dasar iman yang ada dalam batinnya Oleh karena itu kegiatan keagamaan menjadi wadah untuk membentuk sikap religius peserta didik. Fokus penelitian ini ialah: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan keagamaan dalam pembentukan sikap religius peserta didik di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam pembentukan sikap religius peserta didik di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan keagamaan dalam pembentukan sikap religius peserta didik di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kegiatan keagamaan dalam pembentukan sikap religius peserta didik di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam pembentukan sikap religius peserta didik di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kegiatan keagamaan dalam pembentukan sikap religius peserta didik di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso. Pendekatan penilitian ini ialah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data observasi partisipan, wawancara dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Kemudian diabsahkan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulannya ialah: 1) Perencanaan kegiatan keagamaan dalam pembentukan sikap religius peserta didik di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso mulai dari merumuskan tujuan kegiatan hingga penyediaan sarana dan prasarana. 2) Pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam pembentukan sikap religius peserta didik di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso sudah berjalan dengan baik walaupun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya seperti peserta didik masih belum terbiasa tahlilan dan juga ada beberapa yang belum bisa membaca Al-Qur’an. 3) Evaluasi kegiatan keagamaan dalam pembentukan sikap religius peserta didik di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso tidak ada evaluasi khusus seperti halnya dalam pembelajaran. Namun pada point evaluasi dapat dinyatakan evaluasinya tidak absah dikarenakan data yang didapat dari narasumber mengenai evaluatornya atau orang yang mengevaluasi bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:53
Last Modified: 02 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19467

Actions (login required)

View Item View Item