Urgensi Materi Fiqih Kebencanaan Dalam Perspektif Dosen Fiqih IAIN Jember

Ilmayanti, Rosida (2017) Urgensi Materi Fiqih Kebencanaan Dalam Perspektif Dosen Fiqih IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rosida Ilmayanti_084131042.pdf

Download (28MB)

Abstract

Fiqih kebencanaan adalah sebuah pemahaman mengenai bencana. Baik sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana, dan pasca terjadi bencana. Fiqih kebencanaan adalah upaya memahami bencana dalam konteks values, principles, dan norms, artinya memahami bencana dengan perspektif yang sangat kompleks, melibatkan spectrum luas dari ajaran islam. Jadi tidak hanya sekedar hukum melainkan juga membahas segi akidah dan akhlaknya. Fokus penelitian dalam skripsi ini meneliti mengkaji 3 pembahasan yaitu : (1) Bagaimana konsep fiqih kebencanaan perspektif dosen Fiqih IAIN Jember? (2) Bagaimana urgensi materi fiqih kebencanaan dalam perpektif dosen fiqih IAIN Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan konsep fiqih kebencanaan perspektif dosen fiqih IAIN Jember. (2) Untuk mendeskripsikan urgensi materi fiqih kebencanaan dalam perspektif dosen fiqih IAIN Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) fiqih kebencanaan mendapat dua sudut pandang yang berbeda dari dosen IAIN jember. Ada yang setuju mengenai istilah fiqih kebencanaan dan ada yang kurang setuju mengenai istilah fiqih kebencanaan. (2) urgensi materi fiqih kebencanaan dalam perspektif dosen IAIN Jember adalah melihat Indonesia yang sering terjadi bencana besar maka materi fiqih kebencanaan dikaitkan dengan pengembangannya ke dalam materi fiqih. Karena materi fiqih kebencanaan sudah ada tetapi masih belum muncul dalam mata pelajaran. Sehingga belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang fiqih kebencanaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0303 Macromolecular and Materials Chemistry > 030399 Macromolecular and Materials Chemistry not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:53
Last Modified: 02 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19470

Actions (login required)

View Item View Item