Peran Tim Afeksi Dalam Menumbuhkan Pembiasaan Berakhlak Mulia di SD Al-Baitul Amien 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Mufidah, Rosyidatul (2017) Peran Tim Afeksi Dalam Menumbuhkan Pembiasaan Berakhlak Mulia di SD Al-Baitul Amien 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rosyidatul Mufidah_084 131 379.pdf

Download (9MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk yang diciptakan Allah untuk menjadi insan yang berakhlak mulia, hal ini dapat terwujud dengan adanya pendidikan agama. Tujuan pendidikan agama Islam adalah menciptakan insan yang kamil dan berakhlak mulia, untuk mewujudkan terbentuknya insan kamil bisa didapatkan di sekolah melalui tim afeksi. Tim afeksi merupakan tim yang dibuat sekolah sebagai perpanjangan tangan dari guru untuk mengawasi dan mengontrol seluruh aktifitas dan sikap siswa diluar kelas, baik dari segi ibadah, aqidah maupun akhlak. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Peran Tim Afeksi Dalam Menumbuhkan Pembiasaan Berakhlak Kepada Allah?, 2) Bagaimana Peran Tim Afeksi Dalam Menumbuhkan Pembiasaan Berakhlak Kepada Sesama Manusia?, dan 3) Bagaimana Peran Tim Afeksi Dalam Menumbuhkan Pembiasaan Berakhlak Kepada Alam? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk Mendeskripsikan Peran Tim Afeksi Dalam Menumbuhkan Pembiasaan Berakhlak Kepada Allah, 2)Untuk Mendeskripsikan Peran Tim Afeksi Dalam Menumbuhkan Pembiasaan Berakhlak Kepada Sesama Manusia, dan 3) Untuk Mendeskripsikan Peran Tim Afeksi Dalam Menumbuhkan Pembiasaan Berakhlak Kepada Alam. Untuk menjawab fokus penelitian diatas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Dalam pemilihan subyek penelitian menggunakan teknik purposif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah 1) Peran tim afeksi dalam menumbuhkan pembiasaan berakhlak mulia kepada Allah dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan yakni: a) pembiasaan sholat wajib berjamaah, b) sholat sunnahh wajib dan munfarid, c) berdzikir setelah sholat, d) membaca Al-Quran, dan e) berdoa. 2) Sedangkan Peran tim afeksi dalam menumbuhkan pembiasaan berakhlak mulia kepada sesama manusia yakni: a) tersenyum kepada sesama, b) menghormati orang tua dan guru, c) berkata permisi, d) salaman (berjabat tangan). 3) dan Peran tim afeksi dalam menumbuhkan pembiasaan berakhlak mulia kepada alam yakni dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya, siswa dituntut untuk mampu menghargai lingkungan, dan menjaga agar lingkungan tetap bersih serta tidak merusak alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:53
Last Modified: 02 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19471

Actions (login required)

View Item View Item